Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSering Bersin Terus Menerus? Mungkin Ini Sebabnya...

Sering Bersin Terus Menerus? Mungkin Ini Sebabnya…

Bogordaily.net – Bersin adalah bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam .

Hal ini adalah respon alami tubuh, terutama saat seseorang menghirup debu, polusi, zat alergen, hingga bakteri dan virus.

Saat benda asing masuk ke dalam , rambut-rambut di dalamnya akan menyaring dan “memerangkap” benda asing tersebut.

Setelahnya, rambut-rambut ini akan mengirimkan sinyal ke otak, untuk mengeluarkan benda asing tersebut melalui mekanisme bersin.

Dikutip dari Halodoc, jika kamu mengalami bersin berkepanjangan, bisa jadi kamu mengalami rhinitis.

Ini adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam . ini dibagi menjadi dua, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi.

Rhinitis (disebut juga hay fever) adalah peradangan yang disebabkan oleh zat alergen (zat penyebab alergi), seperti: bulu binatang, serbuk sari, debu, tungau, makanan, atau zat alergen lainnya.

Sedangkan, rhinitis non-alergi adalah peradangan yang tidak disebabkan oleh alergi, melainkan oleh faktor lingkungan, kerusakan jaringan di dalam , penggunaan dekongestan berlebih, dan infeksi virus ataupun bakteri.

Tanda dan gejala rhinitis yang umum adalah bersin terus-menerus, tersumbat, berkurangnya sensitivitas indera penciuman, dan rasa tidak nyaman di area sekitar .

Namun, pada rhinitis non-alergi, pengidapnya mungkin akan merasakan gejala lain seperti adanya kerak yang tumbuh di dalam dan berbau busuk.

Kerak ini akan berdarah, terutama saat kamu berusaha mengangkat atau menggaruknya.

Rhinitis bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, dekongestan, atau antihistamin.

Kamu juga bisa membersihkan saluran untuk menjaganya dari penyebab iritasi.

Namun, jika gejala rhinitis sudah parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi, imunoterapi, atau perawatan lainnya.

Meski sering dianggap sepele, rhinitis perlu diatasi. Sebab mungkin saja, rhinitis menyebabkan komplikasi seperti sinusitis, polip hidung, ataupun infeksi telinga bagian tengah.

Kamu bisa mencegah terjadinya rhinitis dengan menghindari zat penyebab alergi, atau mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala rhinitis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here