Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSudah Sepekan Situs Diretas, Setkab Tingkatkan Keamanan

Sudah Sepekan Situs Diretas, Setkab Tingkatkan Keamanan

Bogordaily.net – Sekretariat Kabinet (Setkab) tingkatkan keamanan bersama BIN, Polri, hingga BSSN usai beberapa waktu lalu.

Penguatan keamanan Setkab ini diharapkan dapat bermanfaat sehingga informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat.

“Penguatan security  Setkab kami tentu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait antara lain Badan Siber Sandi Negara BSSN, karena memang sejak awal pertama kali ini berdiri, kami selalu bekerja sama dengan BSSN pada saat itu masih lembaga sandi negara. Dan kami pun di sini kerja sama juga dengan pihak Polri dan pihak BIN untuk penguatannya karena bagaimana pun ini adalah milik pemerintah. Kami mempunyai tugas untuk mendeliver berita-berita pemerintahan yang tentu sangat berguna bagi masyarakat sehingga kami mengupayakan sedemikian rupa agar website kita segera pulih dan dapat dinikmati masyarakat dan media,” kata Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab, Thanon Aria Dewangga.

Thanon menjelaskan Setkab sebenarnya sempat bisa diakses lagi pada Rabu pekan lalu. Namun masih ada saja pihak-pihak yang berupaya mengganggu.

“Sebetulnya pada hari Rabu, kita sudah tayang lagi. Hanya sayangnya pada saat kemarin kita sudah tayang pada hari Rabu ternyata masih ada upaya-upaya, perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggungjawab pada setkab pada saat itu muncul,” ujar Thanon.

Akhirnya Setkab pun memutuskan melanjutkan upaya pemulihan. Keamanan bakal terus ditingkatkan.

“Kami mengambil keputusan daripada nanti terjadi peristiwa seperti hari Sabtu, kami memutuskan untuk melakukan kebijakan mentakedown website terlebih dahulu, melakukan upaya-upaya pemulihan, terutama pemulihan-pemulihan untuk di bidang security,” ujar Thanon.

Thanon juga memastikan data-data di Setkab aman. Selain itu, menurut Thanon, tak ada data yang bersifat rahasia di tersebut.

“Sejauh ini memang yang kami dapatkan dari pihak-pihak terkait data-data yang ada di dalam situs alhamdulillah masih sangat aman. Dan memang situs itu sendiri berisi. Setkab berbeda dengan situs dari kantor-kantor pemerintah yang lain. Kami memberikan atau mendeliver informasi-informasi, baik itu acara-acara presiden, kegiatan-kegiatan presiden maupun kegiatan-kegiatan pemerintahan sehingga dengan demikian tidak ada dokumen yang dikecualikan atau tidak ada dokumen-dokumen yang bersifat rahasia yang disimpan di situs,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here