Friday, 26 April 2024
HomeNasionalTahun Depan Menteri Koperasi dan UMKM Hapus BLT UMKM?

Tahun Depan Menteri Koperasi dan UMKM Hapus BLT UMKM?

Bogordaily.net Teten Masduki menyatakan pada tahun depan alias 2022, belum tentu (BPUM) alias akan kembali diberikan. BPUM, menurut Teten bukan lah bantuan reguler yang disiapkan Kemenkop-UMKM tiap bulannya.

Dia mengatakan hingga saat ini BPUM untuk tahun 2022 masih dibahas oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional apakah diberikan lagi atau tidak. Hingga kini belum ada keputusan soal bantuan ini dilanjutkan atau tidak.

“Belum ditentukan. BPUM ini masih dibahas di Komite PEN. Memang ini bukan di reguler. Mudah-mudahan situasi COVID ini membaik tahun depan sehingga ini nggak diperlukan lagi,” kata Teten dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Senin 30 Agustus 2021.

Dia mengatakan justru untuk ke depannya pemerintah akan memudahkan pelaku usaha kecil untuk mendapatkan pembiayaan.

“Kami justru melihat yang lebih diperlukan itu kan akses pembiayaan ke UMKM, kami sedang siapkan itu agar lebih mudah,” katanya.

Dalam paparannya, hingga saat ini dari total anggaran Rp 15,3 triliun realisasi BPUM sudah mencapai Rp 14,2 triliun. Dari 12,8 juta penerima, BPUM sudah disalurkan ke 11,8 juta orang.

Adapun untuk anggaran 2022, Kemenkop-UMKM memiliki pagu anggaran sebesar Rp 1.4 triliun. Dari anggaran tersebut sekitar Rp 1 triliun digunakan untuk program kewirausahaan, UMKM, dan koperasi. Sisanya untuk dukungan manajemen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here