Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaIngat! Vaksinasi Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Ingat! Vaksinasi Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Bogordaily.net – Vaksinasi booster atau dosis ke tiga saat ini hanya diberikan kepada maupun, tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19.

Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr Siti Nadia Tarmizi.

Kata Nadia, target sasaran sebagai penerima vaksinasi booster sekitar 1,5 juta orang.

“Suntikan ketiga atau booster hanya diperuntukan untuk , termasuk tenaga pendukung kesehatan,” ucapnya di Jakarta, dikutip dari Tribun Senin 2 Agustus 2021.

Ia menegaskan peruntukan booster tidak untuk masyarakat umum mengingat keterbatasan pasokan vaksin, serta masih ada lebih dari 160 juta penduduk belum mendapatkan suntikan.

“Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga. Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin. Mohon untuk tidak memaksakan kehendak,” tutur Nadia.

Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.01/1/1919/2021 tentang Vaksinasi Bagi Seluruh , Asisten dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

“Rekomendasi dari ITAGI adalah saat ini kita dapat menggunakan platform yang sama atau berbeda untuk vaksinasi . Pemerintah telah menetapkan akan menggunakan vaksin Covid-19 Moderna untuk suntikan ketiga untuk , dikarenakan kita tahu bahwa efikasi dari Moderna ini paling tinggi dari seluruh vaksin yang kita miliki saat ini,” imbuhnya.

Kendati demikian, pemberian vaksin booster ini tetap akan memperhatikan kondisi kesehatan daripada sasaran.

Apabila yang bersangkutan alergi karena memang tidak boleh mendapatkan vaksin dengan platform mRNA, maka bisa menggunakan jenis vaksin yang sama dengan dosis pertama dan kedua.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here