Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaduh! Dicekal Pemerintah China, Jack Ma Beralih Jadi Pelukis

Waduh! Dicekal Pemerintah China, Jack Ma Beralih Jadi Pelukis

Bogordaily.net salah satu orang terkaya di , yang bekalangan dikabarkan sedang menikmati hobi barunya yakni sebagai .

Dalam laporan terbaru oleh Wall Street Journal, pendiri Alibaba dan Ant Group itu sedang belajar melukis dengan cat minyak. Ia pada awalnya senang melukis jenis-jenis burung dan juga bunga.

Namun belakangan, seperti dikutip dari Art Net, Selasa 24 Agustus 2021 menjajal tema gambar baru yaitu lukisan abstrak. Hal itu berdasarkan lukisan baru yang telah dilihat sendiri oleh WSJ.

Barangkali karena tidak bisa lagi intensif mengurus bisnis atau berbicara di depan umum yang dulu jadi hobinya, memilih menghabiskan waktu untuk melukis. Hal ini pertama kali diutarakan beberapa waktu silam oleh Masayoshi Son, bos Softbank yang juga sobatnya.

“Tapi kami tidak selalu berbicara tentang bisnis. suka menggambar dan telah mengirim saya beberapa gambar,” sebut Son tentang pembicaraan mereka. Son pun membalas dengan mengirim gambar yang ia buat, terkadang ia sampai menyempatkan diri menggambarnya sebelum tidur.

Kemudian baru-baru ini, pendiri Alibaba yang lain Joe Tsai juga membenarkan hal itu. “Dia sesungguhnya baik-baik saja, sangat baik. Dia melukis sebagai hobi, lukisannya cukup bagus,” papar Tsai.

Jack Ma sudah sekitar 10 bulan seakan bersembunyi di lokasi yang sejauh ini belum dapat dipastikan. Seperti diberitakan, Jack Ma sudah sejak Oktober 2020 menghilang setelah mengkritik sistem keuangan pemerintah . Perusahaannya pun kena penyelidikan, konon atas perintah langsung .

“Salah satu faktor razia perusahaan teknologi dimotivasi keinginan untuk menurunkan risiko finansial, misalnya membatasi aktivitas Ant meminjamkan uang,” kata Nicholas Lardy dari Peterson Institute for International Economics (PIIE).

“Namun alasan lain mungkin karena keinginan Xi untuk memutus sumber kekuasaan alternatif yang mungkin pada akhirnya nanti menantang dominasi pemerintah ,” tambah dia tentang mengapa Jack Ma dan perusahaannya dikekang.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here