Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWaduh! Joe Biden Sebut Evakuasi dari Afghanistan Operasi Tersulit Sepanjang Masa

Waduh! Joe Biden Sebut Evakuasi dari Afghanistan Operasi Tersulit Sepanjang Masa

Bogordaily.net buka suara mengenai sulitnya darurat dari Kabul, ibu kota Afghanistan yang kini dikuasai kelompok Taliban.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu 21 Agustus 2021, Biden bahkan menyebut evakuasi ini sebagai salah satu udara paling sulit yang pernah ada. Namun, Biden menambahkan dia akan memobilisasi “setiap sumber daya” untuk memulangkan warga Amerika.

“Ini adalah salah satu pengangkutan udara terbesar dan tersulit dalam sejarah,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih, menyoroti unsur-unsur berbahaya dalam mengoordinasikan evakuasi massal saat dikepung oleh pasukan Taliban, yang mengambil alih ibu kota Afghanistan pada Minggu 15 Agustus 2021 lalu.

“Saya tidak bisa menjanjikan apa hasil akhirnya, atau … bahwa itu akan tanpa risiko kerugian,” katanya tentang kekacauan usai keluarnya AS dari Afghanistan setelah hampir 20 tahun perang dan pembangunan kembali.

“Tetapi sebagai panglima tertinggi, saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya akan memobilisasi setiap sumber daya yang diperlukan untuk melakukan evakuasi menyeluruh,” ujar Biden.

“Biar saya perjelas: Setiap orang Amerika yang ingin pulang, kami akan membawa Anda pulang,” tegasnya.

Biden mengatakan pasukan AS telah menerbangkan 13.000 orang keluar dari Afghanistan sejak 14 Agustus, dan 18.000 sejak Juli, dengan ribuan lainnya dievakuasi dengan penerbangan sewaan pribadi yang difasilitasi oleh pemerintah AS.

Biden juga mengatakan pemerintahannya telah “terus-menerus berhubungan” dengan Taliban untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi evakuasi personel AS dengan aman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here