Waduh! Joe Biden Sebut Evakuasi dari Afghanistan Operasi Tersulit Sepanjang Masa

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Headline · 21 Agu 2021 11:06 WIB

Waduh! Joe Biden Sebut Evakuasi dari Afghanistan Operasi Tersulit Sepanjang Masa


 Waduh! Joe Biden Sebut Evakuasi dari Afghanistan Operasi Tersulit Sepanjang Masa Perbesar

Bogordaily.net – Presiden Amerika Serikat Joe Biden buka suara mengenai sulitnya operasi evakuasi darurat dari Kabul, ibu kota Afghanistan yang kini dikuasai kelompok Taliban.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu 21 Agustus 2021, Biden bahkan menyebut evakuasi ini sebagai salah satu operasi evakuasi udara paling sulit yang pernah ada. Namun, Biden menambahkan dia akan memobilisasi “setiap sumber daya” untuk memulangkan warga Amerika.

“Ini adalah salah satu pengangkutan udara terbesar dan tersulit dalam sejarah,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih, menyoroti unsur-unsur berbahaya dalam mengoordinasikan evakuasi massal saat dikepung oleh pasukan Taliban, yang mengambil alih ibu kota Afghanistan pada Minggu 15 Agustus 2021 lalu.

“Saya tidak bisa menjanjikan apa hasil akhirnya, atau … bahwa itu akan tanpa risiko kerugian,” katanya tentang kekacauan usai keluarnya AS dari Afghanistan setelah hampir 20 tahun perang dan pembangunan kembali.

“Tetapi sebagai panglima tertinggi, saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya akan memobilisasi setiap sumber daya yang diperlukan untuk melakukan evakuasi menyeluruh,” ujar Biden.

“Biar saya perjelas: Setiap orang Amerika yang ingin pulang, kami akan membawa Anda pulang,” tegasnya.

Biden mengatakan pasukan AS telah menerbangkan 13.000 orang keluar dari Afghanistan sejak 14 Agustus, dan 18.000 sejak Juli, dengan ribuan lainnya dievakuasi dengan penerbangan sewaan pribadi yang difasilitasi oleh pemerintah AS.

Biden juga mengatakan pemerintahannya telah “terus-menerus berhubungan” dengan Taliban untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi evakuasi personel AS dengan aman.***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Paspor Baru Tanpa Kolom Tanda Tangan, Jerman Tolak WNI

13 Agustus 2022 - 19:09 WIB

Sekongkol dengan Paranormal, Perempuan Ini Menipu Ibu Kandungnya Hingga Rp2,53 Triliun

13 Agustus 2022 - 09:20 WIB

menipu

Diduga Pemicu Kanker, Bedak Bayi Johnson & Johnson Akan Berhenti Produksi

13 Agustus 2022 - 08:30 WIB

Alami Kekeringan, Inggris Lakukan Pembatasan Penggunaan Air di Beberapa Rumah

13 Agustus 2022 - 08:17 WIB

Inggris Kekeringan

Ngeri, Pesan Dokter Boyke Jangan Keseringan Minum Kopi Obat Kuat Berbahaya!!!

12 Agustus 2022 - 18:53 WIB

Kebiasaan Pagi Hari

Adik Kim Jong Un Ancam Balas Biang Kerok Covid-19, Korsel Siaga

12 Agustus 2022 - 15:21 WIB

Trending di Internasional