Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWaduh, Pemkab Bandung Kekurangan Dosis Moderna untuk Vaksin Booster

Waduh, Pemkab Bandung Kekurangan Dosis Moderna untuk Vaksin Booster

Bogordaily.net Barat vaksin yang digunakan untuk vaksinasi ke tiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19.

Bandung Barat sendiri menerima sebanyak 420 vial vaksin dari pemerintah pusat. Jumlah tersebut kemudian disalurkan ke setiap puskesmas di Bandung Barat untuk booster nakes.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat Eisenhower Sitanggang mengatakan pihaknya memprioritaskan nakes yang bertugas, di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit untuk mendapatkan booster .

“Kami , dosisnya belum mencukupi untuk nakes di kita (KBB). Jumlahnya ada 3.900-an nakes, makanya kita prioritaskan dulu untuk petugas IGD dan ICU,” ungkap Eisenhower, Jumat 20 Agustus 2021.

Pelaksanaan vaksinasi booster bagi nakes sendiri telah berjalan selama sepekan, namun baru sebagian nakes yang sudah menjalani vaksinasi ketiga tersebut. Saat ini belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Sudah sepekan, dan tak ada gejala parah paling hanya pegal dan ngantuk. Semoga lancar semua dan harapnya setelah dibooster nakes lebih siap dan minim yang terpapar,” jelas Eisenhower.

Pihaknya meminta agar nakes yang belum menerima booster agar bersabar menunggu giliran, lantaran distribusi dari pemerintah pusat juga datang secara bertahap.

“Harap bersabar, sekarang kita masih menunggu pasokan dari pusat yang dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Vaksinasi booster untuk nakes di Bandung Barat dilakukan di masing-masing puskesmas atau rumah sakit. Termasuk bagi jejaringnya seperti klinik dan bidan swasta yang juga menjadi sasaran.

“Vaksinnya langsung didistribusikan kepuskesmas masing-masing, nanti kejejaringnya itu klinik dan bidan swasta akan jadi sasaranvaksinasinya juga,” pungkas Eisenhower.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here