Monday, 6 May 2024
HomeBeritaWaduh! PPP Ngarep Jokowi Bangun Komunikasi dengan Taliban

Waduh! PPP Ngarep Jokowi Bangun Komunikasi dengan Taliban

Bogordaily.net menyebut keakraban yang terjalin antara dan Presiden Afganistan Ashraf Ghani.

Namun, dia mengatakan, Jokowi juga menjalin komunikasi dengan pemimpin , yang berpusat di Doha, Qatar.

“Meskipun tampak menunjukkan ‘keakraban' dengan Presiden Afganistan Ashraf Ghani, yang sekarang memilih kabur ke Tajikistan, Indonesia menurut informasi yang saya peroleh, diam-diam juga terus-menerus menjalin hubungan dengan pimpinan pejuang yang berpusat di Doha, Qatar. Terakhir beberapa bulan yang lalu Menlu RI Retno Marsudi juga berkunjung ke Doha, yang tentunya mengemban misi yang sama,” kata Tamliha kepada wartawan, Selasa 17 Agustus 2021.

Di sisi lain, anggota Komisi I DPR ini mengatakan pengambilalihan Afghanistan oleh itu akan membuat posisi negara itu Afghanistan menjadi jelas. Menurutnya, Afghanistan akan menjadi Republik Islam Afghanistan.

“Dikuasainya Afganistan secara keseluruhan, termasuk Ibu Kota Kabul, oleh pejuang tentunya akan memperjelas wajah negara tersebut. Pertama, nama negaranya sudah jelas menjadi Republik Islam Afghanistan,” ujarnya.

Dia juga menyebut potensi Afghanistan akan memiliki sumber daya alam melimpah serta dominasi Amerika Serikat di Afghanistan tidak akan menonjol lagi.

“Jika sudah pulih akan menjadi negara dengan sumber daya alam melimpah yang tentunya menarik investor asing dan yang ketiga dominasi Amerika Serikat tersebut negara yang dulunya kawasan Persia tersebut nyaris tidak menonjol lagi,” kata Tamliha.

Untuk itu, Tamliha berharap Jokowi terus menjalin komunikasi dengan para pemimpin yang akan memimpin Afghanistan.

“Pemerintah Indonesia telah mengambil sikap yang tegas dengan tidak memulangkan para diplomatnya, termasuk Duta Besarnya dari Afganistan, dan kita berharap Indonesia segera menjalin komunikasi diplomatiknya dengan para pemimpin pejuang Afghanistan yang akan memimpin negara tersebut. Baik yang ada di Kabul maupun yang bermarkas di Doha, Qatar,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here