Saturday, 25 May 2024
HomeBeritaWaspada, Kenali Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari

Waspada, Kenali Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari

Bogordaily.net – Sakit perut yang terasa nyeri dan berbunyi mungkin menandakan peningkatan asam lambung, keluhan ini lebih sering terjadi di .

Menurut alodokter, hal ini dikarenakan belum adanya asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk dicerna.

Penderita mungkin tidak merasakan lapar karena penumpukan gas di lambung membuat sensasi kenyang. Keluhan ini umumnya akan mereda setelah sarapan.

Selalu buang air besar di merupakan hal yang wajar. Selama frekuensi BAB tidak melebihi 3 kali dalam sehari, dan tidak disertai feses yang encer, maka kondisi ini tidak perlu khawatir.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan keluhan ini diantaranya Gastritis (radang mukosa lambung), GERD (refluks asam lambung ke esofagus), Tukak lambung, Tukak duodenum, Gastroenteritis (infeksi saluran cerna), Kolangitis (radang saluran empedu), dan lainnya.

Beberapa langkah berikut bisa menjadi langkah awal mengatasi keluhan, sehabis bangun pagi, biasakan minum segelas air putih sebelum beraktifitas, jangan mengesampingkan sarapan.

Kemudian Slsarapanlah dengan makanan yang bergizi, biasakan makan teratur, dengan porsi sedikit namun sering, saat perut terasa nyeri, batasi dulu makanan pedas, mengandung banyak lemak, dan gas.

Jika sakit perut, kompres dengan air hangat, jangan stres berlebihan, tidur yang cukup. Namun, jika keluhan tidak mereda, periksakan diri secara langsung ke dokter.

Jika benar disebabkan oleh peningkatan asam lambung, dokter mungkin akan meresepkan obat guna menetralisasi asam lambung, misalnya golongan antasida, H2 blocker, atau inhibitor pompa proton.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here