Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWujudkan Ambisinya di Bidang Telekomunikasi, SpaceX 'Caplok' Starup Satelit

Wujudkan Ambisinya di Bidang Telekomunikasi, SpaceX ‘Caplok’ Starup Satelit

Bogordaily.net ingin mewujudkan ambisinya di bidang telekomunasi. Kali ini perusahaan milik Elon Mask tersebut mengakuisi starup penyedia data kecil Swarn Technologies.

Kesepakatan langka perusahaan milik Elon Musk ini bertujuan untuk memperluas tim dan kemampuan teknologi untuk layanan ambisi internet Starlink yang saat ini sedang berkembang.

Swarm yang memiliki 120 satelit SpaceBEE kecil di orbit, mencapai kesepakatan dengan pada 16 Juli untuk bergabung. Hal ini berdasarkan pengajuan 6 Agustus dengan Komisi Komunikasi Federal.

Swarm akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh setelah penyelesaian transaksi.

Adapun persyaratan dan rincian keuangan tentang kesepakatan itu tidak diungkapkan.

“Layanan Swarm akan mendapat manfaat dari kapitalisasi yang lebih baik dan akses ke sumber daya yang tersedia untuk , serta sinergi yang terkait dengan akuisisi oleh penyedia layanan desain, manufaktur, dan peluncuran satelit,” demikian tulis keterangan dalam dokumen kesepakatan, dikutip dari CNBC, Rabu 11 Agustus 2021.

Menariknya, kesepakatan itu menandai akuisisi yang tidak biasa bagi yang cenderung merancang dan membangun sistem in-house.

Meski demikian, tak mudah pula bagi memboyong Swarm bergabung bersamanya, karena lisensi FCC bisa sangat sulit dan memakan waktu hingga akhirnya disetujui.

Perusahaan mencatat bahwa akuisisi menguntungkan dengan membawa akses ke kekayaan intelektual dan keahlian yang dikembangkan oleh tim Swarm.

Menurut Pitchbook, Swarm terakhir menyelesaikan putaran penggalangan dana pada Januari 2019 dengan penilaian $85 juta.

Starlink sendiri adalah proyek padat modal untuk membangun jaringan internet yang saling terhubung dengan ribuan satelit — dikenal di industri luar angkasa sebagai konstelasi — yang dirancang untuk menghadirkan internet berkecepatan tinggi kepada konsumen di mana pun di planet ini.

Kendati demikian, bagaimana dapat memanfaatkan teknologi Swarm masih belum jelas, karena satelit Starlink beroperasi dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan SpaceBEE.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here