Friday, 3 May 2024
HomeBeritaYuk Simak! Ini Caranya untuk Mengatasi Hilangnya Penciuman

Yuk Simak! Ini Caranya untuk Mengatasi Hilangnya Penciuman

Bogordaily.net – Anda pernah merasakan kehilangan atau anosmia, pasti terasa tidak nyaman dan penyiksa. Agar bisa cepat sembuh, salah satu dengan melatih .

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal International Forum of Allergy and Rhinology, para peneliti menyarankan penderita Covid-19 untuk melakukan latihan .

Prof Philpott mengatakan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa 90 persen orang mengalami pemulihan indra penciumannya setelah enam bulan. Jika belum kembali, latihan membantu melatih kembali jalur otak untuk mengenali bau yang berbeda.

“Tujuannya untuk membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas, yaitu kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengkompensasi perubahan atau cedera,” katanya.

Anosmia bisa sembuh tanpa diobati Sebenarnya, anosmia akibat Covid-19 dapat sembuh dengan sendirinya.

“Kita tinggal tunggu saja kapan, bisa delapan hari atau sampai tiga minggu. Tapi kalau ingin cepat harus melakukan smell training,” katanya dikutip di Instagram Live bersama Eka Hospital Bekasi, Senin 12 Juli 2021.

Anosmia membuat penderitanya merasa makanannya hambar, sehingga bisa menghilangkan nafsu makan. Hal ini wajar mengingat kita melakukan tiga fungsi ketika makan, yakni flavor, taste (rasa), dan smell (). Smell dan taste yang menyatu akan menginterpretasikan sebuah flavor.

Itulah mengapa, ketika fungsi hilang, kita akan sulit menciptakan flavor tersebut.

“Ketika salah satu fungsi itu hilang, otomatis flavornya juga hilang. Karena fungsi berperan aktif juga dalam merasakan sesuatu.”

Namun, Yonian menegaskan agar pasien tetap tenang saat mengalami gejala ini.

“Nafsu makan biasanya akan pulih kembali ketika anosmianya kembali normal,” ucapnya.

Salah satu cara mengatasi anosmia adalah melalui olfactory training atau smell training (latihan ).

Dr Yonian Gentilis Kusumasmara, SpTHT-KL menegaskan, latihan ini bukan cara mengobati anosmia, melainkan untuk mempercepat penyembuhannya.

Smell training dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Untuk melakukannya, kita bisa menyiapkan tiga benda dengan bau menyengat yang berbeda.

Mencontohkan benda tersebut adalah kulit jeruk, minyak kayu putih, dan kayu manis. Penelitian lain juga menyebutkan daun mint, bawang putih, dan kopi.

Setelah menyiapkan bau-bauan tersebut, cobalah mencium masing-masing bau selama 20 detik. “Lakukan latihan ini dua kali sehari,” ujarnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here