Thursday, 9 May 2024
HomeBerita13 Gorila di Kebun Binatang Atlantis Positif Corona

13 Gorila di Kebun Binatang Atlantis Positif Corona

Bogordaily.net – Ternyata tak hanya menyerang manusiaa, di Kebun Binatang Atlantis, AS sebanyak 13 belakangan diketahui positif . Diduga mereka tertular dari staf kebun binatang.

Dikutip dari Guardian, Rabu 15 September 2021, beberapa di Kebun Binatang Atlanta pada awalnya menunjukkan gejala COVID-19 seperti di antaranya pilek, batuk ringan dan kehilangan nafsu makan.

Untuk memastikan kesehatan mereka, sampel tinja dan swab dari total 20 gorila yang ada di kebun binatang dikirim ke laboratorium diagnostik veteriner Universitas Georgia. Hasil tes menunjukkan bahwa 13 gorila positif terinfeksi virus .

Menurut pernyataan dalam situs web kebun binatang, belum diketahui dengan pasti bagaimana gorila-gorila tersebut terinfeksi virus, namun Tim Perawatan dan dokter hewan percaya bahwa mereka tertular staf kebun binatang yang terinfeksi virus . Meski begitu, anggota tim sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, mengenakan APD dan tak menunjukkan gejala saat bekerja.

“Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak (virus ) dengan sangat cermat dan berharap mereka akan pulih sepenuhnya. Mereka menerima perawatan terbaik dan kami siap memberikan perawatan suportif tambahan jika dibutuhkan,” kata Direktur Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Atlanta.

Tes lebih lanjut juga dilakukan kebun binatang. Mereka mengirim sampel ke laboratorium layanan veteriner nasional di Ames Lowa dan hingga kini masih menunggu konfirmasi. Beberapa gorila sudah mendapat antibodi monoklonal. Staf juga memperhatikan gorila jantan yang sudah berusia 60 tahun, Ozzie. Dia dianggap paling berisiko terkena komplikasi COVID-19.

Gorila-gorila yang hidup di Kebun Binatang Atlanta hidup berdekatan satu sama lain sehingga sulit untuk mengisolasi mereka satu per satu. Saat pulih, mereka akan menerima vaksin virus Zoetis yang memang khusus diberikan untuk hewan.

Sementara itu, hewan-hewan lain di kebun binatang Atlanta yang akan menerima vaksin dalam beberapa hari ke depan yaitu orangutan Kalimantan dan Sumatra, Harimau Sumatra, singa Afrika dan macan dahan.

Kejadian semacam ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, pada bulan Februari, Kebun Binatang San Diego AS mengumumkan kedelapan gorilanya terinfeksi virus . Sedangkan Kebun binatang California pada bulan Juli juga mengatakan dua macan tutul salju yang terancam punah mengidap virus .(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here