Sunday, 19 May 2024
HomeBerita5 Cara Merawat Rambut Rontok Pasca Covid-19

5 Cara Merawat Rambut Rontok Pasca Covid-19

Bogordaily.net (AAD) menyatakan pasca Covid-19 adalah suatu kondisi yang umum. Pasalnya, demam, penyakit, dan stres dapat memicu kerontokan pada rambut.

“Kebanyakan orang mengalami kerontokan rambut dua hingga tiga bulan setelah demam atau sakit. Segenggam rambut bisa keluar saat Anda mandi atau menyikat rambut. Kerontokan rambut ini bisa berlangsung selama enam sampai sembilan bulan,” tulis AAD.

1. Konsumsi sumber vitamin
Konsumsi makanan bernutrisi tinggi terutama yang mengandung vitamin A, B,C, D, E, dan K. Vitamin ini dapat mengurangi pigmentasi kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sejumlah studi menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian karena terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Asupan protein
Selain vitamin, protein juga berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Sebagian besar folikel rambut terbentuk oleh protein. Maka dari itu, asupan protein yang cukup dapat memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Konsumsi pula protein makanan yang mengandung asam lemak omega-3 karena baik untuk pertumbuhan sel, misalnya ikan berlemak dan minyak zaitun.

3. Sarapan di pagi hari
Pastikan untuk selalu sarapan di pagi hari. Mengisi perut di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel dan folikel rambut.

4. Kebersihan rambut
Jaga kebersihan rambut dengan rutin mencuci rambut. Setelah mencuci rambut, jangan biarkan rambut dalam kondisi lembap atau basah karena kandungan air dapat memberikan beban pada rambut sehingga menjadi lebih mudah rontok.

Hindari pula tidur dalam keadaan rambut basah.

5. Tidur teratur
Periksa kembali jam tidur Anda. Cobalah untuk tidur teratur dan cukup setiap hari. Tidur merupakan waktu bagi sel dalam tubuh untuk beristirahat, sekaligus memperbaiki diri, termasuk pada rambut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here