Friday, 29 March 2024
HomeViral7 Ciri Orang yang Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

7 Ciri Orang yang Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

Bogordaily.net – Kebanyakan orang menggap bahwa orang cerdas harus memiliki IQ yang tinggi, atau bisa banyak bahasa. Sementara kecerdasan tak berkutat pada aspek itu saja, kecerdasan banyak macamnya. Termasuk kecerdasan emosi, spiritual, seni dan sebagainya. Banyak juga orang mungkin tak sadar bahwa dirinya cerdas, karena orang jarang menyadari ciri-ciri orang yang cerdas. Seperti yang dilansir dari laman Insider, berikut ini adalah beberapa ciri orang yang cerdas yang mudah dikenali.

1.
Orang cerdas fleksibel dan mampu berkembang dalam pengaturan yang berbeda. Orang-orang cerdas beradaptasi dengan menunjukkan apa yang dapat dilakukan tanpa mempedulikan kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka. Penelitian psikologis juga menemukan: Kecerdasan bergantung pada kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya sendiri agar dapat mengatasi lingkungan dengan lebih efektif.

2. Tahu bahwa ada banyak hal yang mereka tidak tahu
Orang-orang pintar dapat mengakui ketika mereka tidak terbiasa dengan konsep tertentu. Orang yang cerdas yang cerdas tidak takut untuk mengatakan “Saya tidak tahu”, sehingga mereka dapat mempelajarinya. Winer didukung oleh studi klasik oleh Justin Kruger dan David Dunning, yang menemukan bahwa semakin kurang cerdas seseorang, mereka akan melebih-lebihkan kemampuan kognitifnya.

3. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
Orang cerdas membiarkan diri mereka terpesona oleh hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan masa kanak-kanak dan keterbukaan terhadap pengalaman (yang mencakup keingintahuan intelektual) di masa dewasa. Para ilmuwan mengikuti ribuan orang yang lahir di Inggris Raya selama 50 tahun dan mengetahui bahwa anak berusia 11 tahun yang mendapat nilai lebih tinggi pada tes IQ ternyata lebih terbuka untuk pengalaman pada usia 50 tahun.

4. Berpikiran terbuka
Orang pintar tidak menutup diri pada ide atau peluang baru. Orang-orang cerdas bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas dan bahwa mereka terbuka untuk solusi alternatif. Psikolog mengatakan orang yang berpikiran terbuka – mereka yang mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti dengan adil – cenderung mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan.

5. Memiliki pengendalian diri yang tinggi
Orang pintar mampu mengatasi sikap impulsif dengan merencanakan, mengklarifikasi tujuan, mengeksplorasi strategi alternatif dan mempertimbangkan konsekuensi sebelum memulai sesuatu. Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara pengendalian diri dan kecerdasan.

6. Punya selera humor yang tinggi
Orang yang sangat cerdas cenderung memiliki selera humor yang tinggi. Satu studi menemukan bahwa orang yang menulis teks kartun lucu mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kecerdasan verbal; studi lain menemukan bahwa komedian profesional mendapat skor lebih tinggi dari rata-rata pada ukuran kecerdasan verbal.

7. Punya empati yang tinggi
Orang pintar bisa hampir merasakan apa yang dipikirkan/dirasakan seseorang. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perasaan orang lain dan bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut, merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional. Individu yang cerdas secara emosional biasanya sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka.

Itulah beberapa ciri orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi menurut penelitian. Apakah Sahabat Fimela memiliki salah satu atau semua ciri-ciri tersebut?

 

Sumber: fimela.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here