Tuesday, 14 May 2024
HomeTravelling8 Tempat Wisata Mirip Luar Negeri yang Ada di Indonesia

8 Tempat Wisata Mirip Luar Negeri yang Ada di Indonesia

Bogordaily.net – Destinasi menggiurkan bagi sebagian pelancong. Tentu hal ini sebanding dengan budget yang lumayan besar dan persiapan matang.

Belum lagi kondisi pandemi yang belum hilang seperti sekarang membuat perjalanan wisata mancanegara menjadi lebih sulit. Alternatifnya, Anda bisa tetap berwisata di Indonesia namun tempatnya persis seperti luar negeri.

Jika diamati lebih dekat, terdapat sejumlah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia.

Meski tidak setenar yang di luar negeri, tetapi tempat wisata ini layak dimasukkan dalam daftar perjalanan Anda selanjutnya.

Monumen Simpang Lima Gumul adalah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

1. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri
Tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia yang pertama yaitu Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri.

Monumen ini mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di , karena arsitekturnya yang hampir sama.

Bangunan yang menjadi ikon Kota Kediri ini terdiri atas 6 lantai dengan luas bangunan 804 meter persegi dan tinggi 25 meter.

Patung Yesus Memberkati adalah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: CNN Indonesia/Abraham Utama)

2. Patung Yesus Memberkati, Toraja
Patung Kristus Penebus atau Christ the Redeemer yang ada di Rio de Janeiro, Brazil ternyata juga mirip dengan di Patung Yesus Memberkati di Toraja.

Patung Yesus di Toraja ini memiliki tinggi 40 meter dan berhasil mengalahkan Patung Yesus di Brazil yang hanya memiliki tinggi 38 meter.

Selain menikmati keindahan patung tersebut, kamu juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit dengan udara sejuk khas pegunungan.

Masjid Agung Jawa Tengah adalah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: iStockphoto/Fariz Reza Habib)

3. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang
Bagi kamu yang berencana untuk pergi ke Tanah Suci namun masih proses menabung, bisa kunjungi terlebih dahulu Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Semarang.

Sebab, bangunannya mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Masjid ini memiliki 6 payung hidrolik raksasa mirip dengan Masjid Nabawi.

Tak hanya itu, menara masjid setinggi 99 meter bisa dinaiki oleh wisatawan untuk melihat keindahan Kota Semarang dari atas.

Kampung Warna-Warni adalah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

4. Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang
Jika kamu ingin liburan ke Korea Selatan dan mengunjungi Gamcheon Culture Village di Busan, coba pergi saja dulu ke Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang.

Kampung yang terletak di tepi Sungai Brantas ini merupakan kampung wisata pertama di kota apel.

Dinding-dinding rumah warga dicat dengan berbagai warna mencolok. Ada juga mural dan lukisan 3D yang menarik perhatian wisatawan.

Tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: FOTO ANTARA/Arif Pribadi)

5. Janjang Koto Gadang, Bukittinggi
Masyarakat dunia pasti tak asing dengan The Great Wall of China, salah satu mahakarya yang menarik banyak pelancong mancanegara.
Tembok Besar China pun masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sekaligus 7 keajaiban dunia.

Jika kamu masih belum ada budget untuk pergi berwisata melihat kemegahan Tembok Besar China, kamu bisa mengunjungi Janjang Koto Gadang di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Janjang Koto Gadang Bukittinggi memiliki panjang 1,5 kilometer dengan pemandangan alam yang luar biasa. Untuk mencapai tembok ini, kamu harus berani menapaki ribuan anak tangga.

6. Patung Budha Tidur, Mojokerto
Patung Budha Tidur Raksasa di Mojokerto terinspirasi dari Sleeping Buddha Thailand. Jadi, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand untuk melihat kemegahan patung Budha berwarna emas.

Patung Buddha Tidur berada di Mahavira Majapahit, Trowulan, Kota Mojokerto. Sebenarnya, Indonesia memiliki empat patung serupa yang tersebar di berbagai wilayah.

Namun, Patung Tidur Buddha di Mojokerto merupakan yang terbesar dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter.

adalah tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Indonesia (Foto: iStockphoto/Imam Fahroji)

7. Masjid Agung An Nur, Pekanbaru
Bagi kamu penggemar film Bollywood, pasti ada keinginan tinggi untuk mengunjungi Taj Mahal di India. Namun, ternyata ada juga Taj Mahal versi Indonesia.

Kamu bisa mengunjungi Masjid Agung An Nur di Pekanbaru dengan gaya arsitektur khas Arab, Melayu, Turki, dan India.

Selain itu, terdapat sebuah kubah besar beserta empat kubah kecil di setiap sudutnya. Di bagian depan masjid juga terdapat kolam yang mirip dengan kolam yang ada di Taj Mahal.

8. Pagoda Avalokitesvara, Semarang
Tempat yang ada di Indonesia terakhir yang wajib dikunjungi yaitu Pagoda Avalokitesvara Semarang.

Tempat wisata ini mirip dengan yang ada di Taiwan yaitu Pagoda Cien. Pagoda Cien merupakan landmark paling populer di Sun Moon Lake.

Sementara itu, Pagoda Avalokitesvara di Semarang memiliki tinggi 45 meter dan terdiri atas 7 tingkat serta tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda yang identik dengan warna merah dan kuning ini memiliki patung Dewi Kwan Im, patung Panglima We Do, dan patung Amitabha.

Di tengah pandemi virus Corona, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan virus Corona, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

 

Sumber: cnn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here