Friday, 26 April 2024
HomePolitikAsep Wahyuwijaya Pastikan Anggaran Pembangunan Jalan Cisangku-Kiara Sari-Cigudeg, Aman

Asep Wahyuwijaya Pastikan Anggaran Pembangunan Jalan Cisangku-Kiara Sari-Cigudeg, Aman

Bogordaily.net – Anggota DPRD Provinsi Jabar bersama Anggota DPRD Kabupaten meninjau pembangunan ruas jalan Cisangku – Kiara Sari – Cigudeg, Kabupaten .

Menurut mereka meskipun postur APBD Pemprov Jabar tahun 2021 ini masih mengalami kontraksi bahkan defisit sekitar 5T, membuat banyak kegiatan berpotensi tidak bisa direalisasikan namun karena pembangunan ruas jalan Kiara Sari – Cigudeg ini sumber anggarannya berasal dari pinjaman PEN yang diajukan oleh Pemprov Jabar, maka kegiatan pembangunan atas ruas tersebut tetap dapat direalisasikan.

“Anggarannya insyaAllah akan tetap ada. Pemborongnya pun tidak usah khawatir tidak dibayar. Demikian disampaikan , anggota DPRD Prov. Jawa Barat saat melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan ruas jalan di Cisangku, Sabtu, 4 September 2021.

Sebagaimana diketahui, kata Asep, daerah Cigudeg dan Sukajaya pada awal 2020 lalu mengalami bencana alam banjir dan longsor yang cukup parah, sehingga menyebabkan banyak ruas jalan menjadi rusak dan terputus.

Ribuan warganya pun banyak kehilangan tempat tinggal sehingga harus mengungsi ke hunian sementara (huntara) yang dibangunkan dalam kondisi darurat.

Sebenarnya, alokasi bantuan anggaran keuangan yang diberikan oleh Pemprov Jabar untuk penanganan dampak bencana ini cukup besar, selain diperuntukan untuk pembangunan ruas jalan Cigudeg – Kiarasari – Cisangku dengan bantuan anggaran sekitar 28 M, ada juga bantuan untuk ruas jalan Kiarabeha – Pasirmadang – Cileuksa sebesar 25M dan pembangunan rumah khusus terdampak bencananya sendiri yakni sebesar 25M yang akan disebar di Desa Sukaraksa dan Desa Sukamaju Kec. Cigudeg serta Desa Urug dan Desa Harkatjaya di Kec. Sukajaya.

“Hanya mengingat kondisi anggaran di Pemprov Jabar tahun ini mengalami defisit, sejujurnya saya cukup khawatir juga apabila pembangunan ruas jalan ke Cileuksa dan pembangunan rumah khusus warga yang terdampak bencana terkena efisiensi atau dicoret kegiatannya, karena sumber anggaran murmi berasal dari APBD Jabar, bukan dari PEN,” papar , Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jabar.

yang akrab disapa Kang AW berharap, anggaran untuk pembangunan ruas jalan ke Cileuksa dan pembangunan rumah khusus warga yg saat ini masih tinggal di huntara bisa pindah ke tempat yg jauh lebih layak, ungkap politisi berlambang bintang mercy asal dapil Kabupaten ini.

“Namun, semuanya tentu akan kembali berpulang ke Pemkab agar bisa melakukan negosiasi maksimal ke Pemprov Jabar agar kedua kegiatan itu bisa tetap direalisasikan dan tidak terkena efisiensi,” pungkas Kang AW.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here