Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorBupati Bogor Ingin Rumah Oksigen Berfungsi juga Sebagai Pusat Isoter di Wilayah...

Bupati Bogor Ingin Rumah Oksigen Berfungsi juga Sebagai Pusat Isoter di Wilayah Nanggung

Bogordaily.net – Bupati Bogor, Ade Yasin didampingi Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, resmikan di wilayah Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor yang merupakan bantuan dari melalui kegiatan Saba Desa, Senin 20 September 2021.

Bupati Bogor menegaskan, dengan diresmikannya rumah oksigen selain sebagai upaya pemenuhan kebutuhan oksigen di masa , rumah oksigen juga dapat dijadikan tempat (Isoter) pasien Covid-19 di wilayah Kecamatan Nanggung.

Selain meresmikan Rumah Oksigen Bupati Bogor juga melakukan peninjauang langsung untuk memantau kegiatan PTM di SD Parakan Muncang 02.

“Alhamdulilah hari ini kita resmikan rumah oksigen, walaupun tidak ada kata terlambat, meskipun trend kasus konfirmasi positif di Kabupaten Bogor terus melandai, bahkan jumlah BOR isolasi sudah berada di angka 13,87% dan BOR ICU 28,81 %, tetapi ini untuk jaga-jaga, rumah oksigen ini lebih banyak fungsinya, jika ada masyarakat disini yang terkena Covid, saya kira rumah oksigen ini bisa dijadikan Pusat ,” pinta Bupati Bogor.

Menurutnya, saat ini wabah Covid-19 sudah menurun, kasus yang paling tinggi terjadi pada Juli 2021, dirinya mengaku keteteran termasuk pengadaan oksigen, bahkan ia harus meminta kepada pihak Krakatau steel untuk membantu pengisian 100 tabung oksigen per hari.

“Walaupun di RS ada pengisian, karena BOR-nya 100% waktu Juli sehingga kekurangan harus kita cari sendiri, Alhamdulilah kita difasilitasi Krakatau steel 100 tabung per hari, kita bisa membantu tidak hanya RSUD juga RS Swasta tetap kita layani, karena dalam situasi begini tidak ada swasta atau negeri tetapi semua harus bisa menolong masyarakat agar bisa tertolong dan sembuh,” cetusnya.

Lanjut Ade Yasin menyatakan, sangat bagus untuk dijdikan Pusat , karena rumah oksigen yang merupakan bantuan dari PT Antam ini menyediakan fasilitas oksigen dan tempat tidur, termasuk rehab gedung serba guna ukuran sekitar 15 x 8 meter untuk kapasitas 8 tempat tidur dan 2 kamar mandi dan dikelola oleh UPT Puskesmas Kecamatan Nanggung.

“Ada tempat tidur dan oksigen, saya kira ini bisa jadi pusat Isoter di Kecamatan Nanggung, karena sekarang Isolasi Mandiri tidak diperbolehkan kalau rumahnya tidak memenuhi syarat, seperti rumah kecil, kamar mandi dan kamar tidurnya bareng dengan keluarga yang lain, sehingga Isoman akan kita tarik ke pusat Isoter,” ungkapnya.

Kata Bupati Bogor menegaskan, kecuali rumahnya lantai 2, keluarganya di bawah, sedangkan yang sakit diatas, atau pisah kamar mandi itu memenuhi syarat dan kita perbolehkan, tetapi bagi warga yang positif dan rumahnya tidak layak untuk Isoman harus dibawa ke Isoter.

Hal ini dilakukan Pemkab Bogor untuk menghindari penyebaran Covid-19. Menurutnya, rumah oksigen juga dapat dijadikan Pusat Isoter terutama bagi masyarakat Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Saya kira rumah oksigen ini bisa jadi pusat Isoter OTG bisa kumpul disini. Terima Kasih kepada PT. Antam yang telah memfasilitasi rumah oksigen ini. Perlu bersyukur warga Nanggung ini, dengan adanya CSR PT. Antam ke Kabupaten Bogor. Kami berharap kedepannya CSR PT. Antam akan difokuskan pada pemberdayaan ekonomi, pemberian modal bagi pelaku UMKM dan usaha baru, karena infrastruktur fokus dilakukan dengan dana Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE),” tandasnya.

Selanjutnya, ditempat yang sama, General Manager , Muhidin mengungkapkan, rangkaian kegiatan Saba Desa ini merupakan kesepakatan yang baik bagi Antam untuk memperkuat hubungan yang lebih harmonis dan bersinergi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor, Muspika Kecamatan Nanggung dan para kepala Desa di Kecamatan Nanggung.

Di wilayah operasional unit bisnis-bisnis pertambangan emas Pongkor, Antam terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di wilayah operasional Kecamatan Nanggung salah satunya fasilitas rumah oksigen.

Rumah tangki oksigen merupakan ruangan atau bangunan yang memiliki fasilitas untuk pertolongan pertama bagi pasien positif Covid-19, OTG ataupun gejala ringan yang mengalami penurunan saturasi oksigen dalam tubuhnya saat menjalami isolasi mandiri di rumah, ataupun di fasilitas yang di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sehingga diharapkan kondisi pasien akan membaik.

“Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari rehabilitasi bangunan untuk rumah oksigen, oksigen konsentrator sebanyak 10 unit, kemudian ranjang pasien sebanyak 10 unit, peralatan medis, alat pelindung diri, dan alat pendukung lainnya. Antam juga akan melaksanakan vaksinasi masyarakat untuk membantu pemerintah, yang akan dilakukan di Kecamatan Nanggung mulai tanggal 21-25 September 2021 dengan target 10 ribu orang per harinya sekitar 2 ribu vaksinasi. Manajemen dan seluruh direksi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bogor yang telah memberikan dukungan terhadap operasional perusahaan dan semoga dengan adanya rumah oksigen ini dapat membantu pemerintah dalam penanganan kesehatan masyarakat yang membutuhkan terapi oksigen secara ketat dan layak,” bebernya.

Rumah oksigen
Camat Nanggung, AE Saepuloh. (Istimewa/Bogordaily.net)

Camat Nanggung, AE Saepuloh menerangkan, rangkaian kegiatan Saba Desa yang dilakukan di wilayah Kecamatan Nanggung adalah peresmian rumah oksigen.

Uni dilakukan karena maraknya Covid-19 terutama varian baru yaitu varian delta sehingga pihaknya bersinergi dengan PT. Antam, untuk senantiasa melakukan antisipasi dan berharap bisa menanggulangi kekurangan oksigen yang sempat terjadi kelangkaan di awal bulan Juni.

“Alhamdulilah sudah diresmikan dan ditinjau dan . Kegiatan Saba Desa kedua, sesuai dengan turun nya level PPKM dari level 4 ke level 3 kami mencoba melakukan instruksi Bupati untuk melaksanan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), saat ini sesuai dengan surat dari Dinas Pendidikan, kami Kecamatan Nanggung merekomendasikan untuk melakukan PTM dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here