Friday, 19 April 2024
HomeBeritaDapat Pahala Setara Umrah Haji, Baca Ini Setelah Sholat Subuh

Dapat Pahala Setara Umrah Haji, Baca Ini Setelah Sholat Subuh

Bogordaily.net – Setiap harinya umat ramai-ramai memperbanyak ibadah untuk mendapat . Salah satu ibadah yang dapat dilakukan adalah berzikir setelah .

Rasulullah SAW semasa hidupnya tidak buru-buru beranjak dari tempat . Beliau memberi teladan berzikir usai menunaikan .

Melansir dari Islami.co, Simak bin Harb pernah bertanya pada Jabin bin Samurah tentang pengalamannya mengikuti majelis Rasulullah. Pengalaman ini diriwayatkan oleh .

“Beliau tidak bangun dari tempat shalatnya setelah shalat subuh atau pagi sampai terbitnya matahari. Jika matahari terbit beliau bangun (untuk shalat). Dahulu mereka membicarakan peristiwa-peristiwa yang mereka alami ketika masih jahiliyah, lalu mereka tertawa dan tersenyum,” (HR: )

Allah pun berfirman menghimbau umat untuk berzikir mengingat-nya.

“Hai, sekalian orang yang mu'min! Ingatlah Allah sebanyak-banyaknya dan tasbihlah memuji Allah pagi-pagi dan petang-petang,” (Al Ahzab : 41 – 42).

Dalam hadist riwayat Ahmad dan Abu Daud, zikir setelah salat subuh juga dapat mengampuni dosa sebanyak buih di lautan.

Lalu, zikir pun bisa memberi jaminan dan perlindungan dari azab neraka.

“Barang siapa yang salat fajar kemudian berdzikir hingga terbit matahari maka api neraka tidak akan menyentuh kulit orang tersebut selamanya,” (HR. Baihaqi)

Berikut susunan bacaan dzikir dikutip dari e-book berjudul Doa dan Dzikir yang ditulis Syeikh Abdulaziz bin Baz.

1. Membaca istighfar sebanyak 3 kali

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Membaca dzikir kalimat tauhid

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

Artinya: “Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu”.

3. Membaca doa selamat

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya'uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta'aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: “Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan”.

4. Membaca surah Al-Fatihah

5. Membaca ayat kursi

6. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir 33 kali.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here