Ditemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok

Menu

Mode Gelap
Pengunjung Zenthrum Resto dan Zoom Malla Superindo Diamankan BNNK Bogor Hari Ini, Novel Baswedan dkk Dilantik Jadi ASN Polri Kota Bogor Hujan Petir Pada Sore Hari, Kamis 9 Desember 2021 Update, Bendung Katulampa Siaga 4 Malam Ini Ternyata Ini Alasan Mendagri Tito Karnavian Batalkan PPKM Level 3

Viral · 4 Sep 2021 18:01 WIB

Ditemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok


 Candi Klotok di Tengah Puncak Gunung (Foto: YouTube) Perbesar

Candi Klotok di Tengah Puncak Gunung (Foto: YouTube)

Bogordaily.net – Ada banyak peninggalan candi di Indonesia yang hingga kini belum diketahui khalayak umum. Bahkan, beberapa dari candi tersebut tersembunyi di kawasan pegunungan. Salah satunya di Gunung Klotok.

Selain sebagai destinasi wisata alam, di daerah pegunungan atau suatu gunung kerap dijumpai beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Salah satunya, seperti yang terdapat di Gunung Klotok. Gunung yang terletak di wilayah Kediri, Jawa Timur tersebut memiliki sejumlah benda peninggalan sejarah seperti patirtan (sumber mata air) hingga candi.

Bangunan candi tersebut berada di tengah-tengah hutan di area pendakian menuju puncak Gunung Klotok, yang termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pocok, Kecamatan Mojoroto, Kediri.

Untuk mencapai ke sana, perjalanannya cukup melelahkan dengan jalur pendakian yang menanjak.

Candi yang dinamakan sesuai dengan lokasi ditemukannya yakni Candi Klotok itu berada di dekat area wisata Gua Selomangleng, yang juga dikenal sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Kediri. Dilansir dari channel Youtube Kuno Brono, Sabtu 4 September 2021, candi tersebut diduga merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Kediri.

“Jadi ini adalah candi yang berada di puncak Gunung Klotok. Ini merupakan candi peninggalan kerajaan Kediri yang masih ada sampai sekarang,” ujar sang vlogger menjelaskan. Sementara, menurut literatur lain disebutkan, Candi Klotok tersebut merupakan bangunan yang didirikan pada abad ke – 14.

Karena berada di tengah hutan, bangunan candi tersebut dikelilingi oleh daun dan rerumputan yang menutupi bagian atas candi. Bagian yang tersisa adalah kaki dan pondasi candi yang tersusun dari batu bata merah berukuran jumbo. Adapun ukuran batu tersebut setara dengan 3 jengkal tangan orang dewasa.

Selain itu, dalam bebatuan tersebut tampak relief yang menandakan bangunan tersebut merupakan candi. Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Nugroho Harjo Lukito mengatakan, candi tersebut saat ini masih dalam tahap ekskavasi atau penggalian ketiga. Proses ekskavasi selanjutnya dari situs yang terdapat di Gunung Klotok ini rencananya akan kembali dilanjutkan tahun depan.

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ponselnya Dilempar Sang Ayah Gegara Ketahuan Pacaran, Gadis ABG Ini Histeris hingga Guling-guling

9 Desember 2021 - 07:52 WIB

Miliki Kemampuan Marketing Bagus, Seorang Anak Penjual Permen Viral

8 Desember 2021 - 19:58 WIB

Penjual Permen

Videonya Berbau Rasis Viral, Finalis Putri Indonesia 2015 Minta Maaf

8 Desember 2021 - 11:32 WIB

Waduh, Polwan di Kalteng Kena Pukul Oknum TNI saat Lerai Perkelahian

7 Desember 2021 - 16:02 WIB

Polwan di kalteng

Viral! Satu Keluarga Hampir Pasrah Saat Terjebak Erupsi Gunung Semeru

7 Desember 2021 - 12:11 WIB

Erupsi Gunung Semeru

Viral, Mensos Risma Singkirkan Batu di Tengah Jalan Sambil Hujan-hujanan di Semeru

6 Desember 2021 - 17:47 WIB

Mensos
Trending di Viral