Friday, 19 April 2024
HomeViralDitemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok

Ditemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok

Bogordaily.net – Ada banyak peninggalan di Indonesia yang hingga kini belum diketahui khalayak umum. Bahkan, beberapa dari tersebut tersembunyi di kawasan pegunungan. Salah satunya di .

Selain sebagai destinasi wisata alam, di daerah pegunungan atau suatu gunung kerap dijumpai beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Salah satunya, seperti yang terdapat di . Gunung yang terletak di wilayah Kediri, Jawa Timur tersebut memiliki sejumlah benda peninggalan sejarah seperti patirtan (sumber mata air) hingga .

Bangunan tersebut berada di tengah-tengah hutan di area pendakian menuju puncak , yang termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pocok, Kecamatan Mojoroto, Kediri.

Untuk mencapai ke sana, perjalanannya cukup melelahkan dengan jalur pendakian yang menanjak.

Candi yang dinamakan sesuai dengan lokasi ditemukannya yakni Candi Klotok itu berada di dekat area wisata , yang juga dikenal sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Kediri. Dilansir dari channel Youtube Kuno Brono, Sabtu 4 September 2021, candi tersebut diduga merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Kediri.

“Jadi ini adalah candi yang berada di puncak . Ini merupakan candi peninggalan kerajaan Kediri yang masih ada sampai sekarang,” ujar sang vlogger menjelaskan. Sementara, menurut literatur lain disebutkan, Candi Klotok tersebut merupakan bangunan yang didirikan pada abad ke – 14.

Karena berada di tengah hutan, bangunan candi tersebut dikelilingi oleh daun dan rerumputan yang menutupi bagian atas candi. Bagian yang tersisa adalah kaki dan pondasi candi yang tersusun dari batu bata merah berukuran jumbo. Adapun ukuran batu tersebut setara dengan 3 jengkal tangan orang dewasa.

Selain itu, dalam bebatuan tersebut tampak relief yang menandakan bangunan tersebut merupakan candi. Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Nugroho Harjo Lukito mengatakan, candi tersebut saat ini masih dalam tahap ekskavasi atau penggalian ketiga. Proses ekskavasi selanjutnya dari situs yang terdapat di ini rencananya akan kembali dilanjutkan tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here