Ditemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok

Menu

Mode Gelap
Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini! Menu Baru Djoeragan Resto, Spicy Chicken Mozzarella with Salad Ponpes di Rumpin Ludes Terbakar, Hubungan Arus Pendek Diduga Jadi Penyebabnya

Viral · 4 Sep 2021 18:01 WIB

Ditemukan Candi Abad ke 15 di Gunung Klotok


 Candi Klotok di Tengah Puncak Gunung (Foto: YouTube) Perbesar

Candi Klotok di Tengah Puncak Gunung (Foto: YouTube)

Bogordaily.net – Ada banyak peninggalan candi di Indonesia yang hingga kini belum diketahui khalayak umum. Bahkan, beberapa dari candi tersebut tersembunyi di kawasan pegunungan. Salah satunya di Gunung Klotok.

Selain sebagai destinasi wisata alam, di daerah pegunungan atau suatu gunung kerap dijumpai beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Salah satunya, seperti yang terdapat di Gunung Klotok. Gunung yang terletak di wilayah Kediri, Jawa Timur tersebut memiliki sejumlah benda peninggalan sejarah seperti patirtan (sumber mata air) hingga candi.

Bangunan candi tersebut berada di tengah-tengah hutan di area pendakian menuju puncak Gunung Klotok, yang termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pocok, Kecamatan Mojoroto, Kediri.

Untuk mencapai ke sana, perjalanannya cukup melelahkan dengan jalur pendakian yang menanjak.

Candi yang dinamakan sesuai dengan lokasi ditemukannya yakni Candi Klotok itu berada di dekat area wisata Gua Selomangleng, yang juga dikenal sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Kediri. Dilansir dari channel Youtube Kuno Brono, Sabtu 4 September 2021, candi tersebut diduga merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Kediri.

“Jadi ini adalah candi yang berada di puncak Gunung Klotok. Ini merupakan candi peninggalan kerajaan Kediri yang masih ada sampai sekarang,” ujar sang vlogger menjelaskan. Sementara, menurut literatur lain disebutkan, Candi Klotok tersebut merupakan bangunan yang didirikan pada abad ke – 14.

Karena berada di tengah hutan, bangunan candi tersebut dikelilingi oleh daun dan rerumputan yang menutupi bagian atas candi. Bagian yang tersisa adalah kaki dan pondasi candi yang tersusun dari batu bata merah berukuran jumbo. Adapun ukuran batu tersebut setara dengan 3 jengkal tangan orang dewasa.

Selain itu, dalam bebatuan tersebut tampak relief yang menandakan bangunan tersebut merupakan candi. Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Nugroho Harjo Lukito mengatakan, candi tersebut saat ini masih dalam tahap ekskavasi atau penggalian ketiga. Proses ekskavasi selanjutnya dari situs yang terdapat di Gunung Klotok ini rencananya akan kembali dilanjutkan tahun depan.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Gokil! Selegram Ini Rela Tampil Bugil Live Sambil Masturbasi Demi Mendapatkan Rp30 Juta

18 September 2021 - 18:15 WIB

Selegram

Aksi Pengendara Motor Ogah Turun Saat Cuci Motor, Badan Auto Glowing

18 September 2021 - 10:36 WIB

Aksi Pengendara Motor

Bikin Mewek! Aksi Kakek Lakukan Hal Memilukan di Pinggir Jalan

17 September 2021 - 18:50 WIB

Kakek Lakukan Hal Memilukan

Miris! Pasutri Tinggal Bersama Tujuh Anaknya di Warung Angkringan

16 September 2021 - 14:53 WIB

Prank! Miras Campur Hand Sanitizer, Bikin 5 Anak Punk Tewas

15 September 2021 - 19:18 WIB

Miras

Heboh Santri Tutup Kuping Saat Dengar Musik Barat

15 September 2021 - 10:04 WIB

Santri Tutup Kuping
Trending di Viral