Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaGagal Bicara di Sidang Majelis Umum, Taliban Terancam Penguatan Sanksi dari PBB

Gagal Bicara di Sidang Majelis Umum, Taliban Terancam Penguatan Sanksi dari PBB

Bogordaily.net – Belum ada tanda-tanda kalau Afghanistan akan berpidato di Sidang Majelis Umum di New York. Padahal sidang tersebut akan berakhir pada Senin 27 September 2021 ini.

Dilansir drai kantor berita AFP, Senin 27 September 2021 Taliban diperkirakan akan mendapatkan kecaman dari perwakilan dari bekas pemerintahan Afghanistan dalam pidatonya di Sidang Umum pada Senin ini.

Taliban sendiri, sudah menulis surat kepada Sekretaris Jenderal Antonio Guterres pekan lalu, agar izinkan menteri luar negerinya Amir Khan Muttaqi untuk berbicara di forum tahunan itu.

Pada surat tersebut, menyebutkan kalau Ghulam Isaczai, duta besar Afghanistan dibawah pemerintahan Presiden Ashraf Ghani yang digulingkan Taliban bulan lalu, tidak mewakili Afghanistan di .

Kabarnya permohonan itu awalnya akan dibahas oleh komite yang beranggotakan Amerika, Rusia dan China, tetapi menurut pejabat kalau pembahasan tersebut tidak terjadi.

Ternyata menurut seorang diplomat, kalau Taliban terlambat menyampaikan permohonan tersebut, hal itu akan membuka Isaczai yang masih diakui sebagai perwakilan Afghanistan untuk bicara.

Jika dia mengambil kesempatan itu, dia bisa menuntut terhadap Taliban, seperti yang dia lakukan selama pertemuan Dewan Keamanan pada 9 September lalu.(Saleh Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here