Friday, 19 April 2024
HomeBeritaHati-Hati! Konsumsi Daun Kelor Tak Baik Buat Bumil Loh

Hati-Hati! Konsumsi Daun Kelor Tak Baik Buat Bumil Loh

Bogordaily.net – Sudah sejak lama daun kelor digunakan masyarakat untuk pengobatan, karena mengandung banyak dan penting.

Daun dengan nama latin Moringa leaf ini secara tradisional telah digunakan sebagai obat untuk penyakit seperti , peradangan, , infeksi bakteri/virus/ jamur, kesehatan jantung, dan kanker.

Apa saja manfaat daun kelor yang ajaib untuk kesehatan tubuh ini? Simak penjelasan selengkapnya, dilansir dari WebMD, Rabu 29 September 2021.

Manfaat Daun Kelor atau Moringa leaf

Daun kelor mengandung C yang 7 kali lipat daripada jeruk dan 15 kali lebih banyak potasium dibanding pisang. Daun asal India Utara ini juga memiliki kalsium, protein, zat besi, dan asam amino yang membantu tubuh untuk menyembuhkan dan membangun otot.

Daun kelor ini juga dikemas dengan antioksidan, yaitu zat yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan. Ada beberapa studi yang membuktikan antioksidan juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi lemak dalam darah dan tubuh.

Beberapa studi awal menunjukkan manfaat daun kelor dapat membantu sejumlah kondisi, antara lain:

1. Rheumatoid arthritis

Ekstrak daun kelor dapat menurunkan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada cairan.

2.

Studi awal menunjukkan bahwa protein seperti insulin pada daun kelor dapat menurunkan gula darah. Bahan ini bisa membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan dapat mempengaruhi cara tubuh melepaskan insulin.

3. Kanker

Dalam tes laboratorium, ekstrak daun memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi bekerja lebih baik. Studi laboratorium lain menunjukkan bahwa daun kelor, kulit kayu, dan akar, semuanya memiliki efek anti-kanker yang mungkin mengarah pada obat baru.

4. Memori

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa antioksidan dan bahan kimia lainnya pada tanaman bisa menyembuhkan stres dan peradangan di otak.

Para ilmuwan saat ini juga mendalami lebih lanjut akan manfaat daun kelor untuk membantu beberapa kondisi dan gangguan kesehatan seperti kolesterol, maag, radang sendi, tekanan darah tinggi, kerusakan hati yang disebabkan oleh obat-obatan, asma, kolitis ulseratif, diare, anemia, dan penurunan berat badan.

Sejauh Manakah Daun Kelor Aman Dikonsumsi?

Penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya tidak masalah mengonsumsi daun atau polong biji muda kelor, serta ekstrak daun yang terbuat dari bubuk dan air juga aman dikonsumsi.

Namun, memakan kulit kayu atau daging buahnya bisa berbahaya, terutama bagi wanita hamil. Bahan kimia pada kulit kayu dapat membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran. Oleh karenanya, hindari konsumsi daun kelor untuk (bumil) dan menyusui.

Untuk memperoleh manfaat daun kelor untuk kesehatan dari bentuk suplemen bubuk, pil, minyak, atau teh, tidak ada dosis standar yang dicantumkan. Untuk lebih amannya, konsultasi dengan dokter masing-masing.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan serta ulasan mengenai penggunaan daun kelor yang aman. Semoga bermanfaat.(sc/sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here