Tuesday, 16 April 2024
HomeEkonomiIngin Tahu Cara Mendapatkan Batuan di Masa PPKM. Begini Caranya

Ingin Tahu Cara Mendapatkan Batuan di Masa PPKM. Begini Caranya

Bogordaily.net – Bantuan terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di masa ini masih terus belanjut hingga tahun depan. Upaya tersebut dalam rangka meringankan baban masyarakat akibat dampak ekonomi.

Walaupun pemerintah memastikan kalau program (bansos) masih tersebut bergulir, tetapi ada masyarakat yang membutuhkan tetapi belum menerima bantuan tersebut lantaran tidak tahu .

Untuk itu perlu diketahui untuk mendapatkan bantuan tersebut caranya berbeda-beda. Berikut cara mendapatkan sejumlah bantuan .

Subsidi Upah/Gaji

Ada juga subsidi upah di mana penerima bantuan tidak perlu mendaftarkan diri secara langsung sebab data penerima bantuan telah disaring langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta, maka pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri ke dinas bidang koperasi dan UKM di masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

Bantuan dari Kemensos

Selain itu ada juga bansos-bansos lain seperti kartu sembako, BLT Desa, Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disiapkan oleh Kemensos. Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan dari Kemensos ini?

Cara mendapatkan bantuan dari kemensos yang termudah adalah dengan melakukan konfirmasi langsung ke perangkat desa maupun kelurahan jika data Anda belum masuk dalam daftar penerima bansos yang diusulkan oleh RT atau RW. Apabila memenuhi syarat penerima bansos, maka Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan yang isinya teknis pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk membawa berkas seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan kode untuk keluarga yang dimiliki dalam data terpadu saat mencairkan bansos tersebut.

Demikian cara mendapatkan bantuan . Perlu diingat bahwa setiap bansos memiliki syarat dan cara daftarnya masing-masing. Selain itu biasanya masyarakat hanya dapat menerima salah satu dari sederet bantuan tersebut.(Saleh Hermawan)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here