Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorKampung Seuri, Upaya Tingkatkan Pengetahuan Warga Tentang Pentingnya Kesehatan Reproduksi

Kampung Seuri, Upaya Tingkatkan Pengetahuan Warga Tentang Pentingnya Kesehatan Reproduksi

Bogordaily.net bersama menghadiri () dan () di RW 07, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu 1 September 2021.

Dalam kesempatan tersebut juga dibentuk duta-duta perwakilan warga mulai dari remaja hingga lansia yang akan bertugas sebagai edukator untuk melakukan sosialisasi, pencegahan dan tindak lanjut terhadap penyakit yang terjadi pada masa usia reproduksi, baik menular maupun tidak menular.

Yane Ardian mengatakan, masih banyak orang tua yang merasa tidak nyaman atau tabu untuk membicarakan tentang reproduksi kepada anak-anaknya.

Padahal, kurangnya edukasi terhadap hal yang berkaitan dengan reproduksi nyatanya bisa memicu terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

“Dengan adanya dan ini, bayangkan di sebuah wilayah yang perempuannya, ibu-ibunya sehat reproduksinya itu berarti kualitas hidupnya secara subyektif dan kualitas perkawinannya bagus. Jadi artinya kampanye sehat reproduksi itu harus betul-betul semuanya sosialisasikan dan dukung dengan sangat baik,” ungkap Yane.

Ia menambahkan, kesehatan reproduksi juga bukan melulu soal wanita.

“Jadi, saya selalu titip ke Pokja 4 PKK, tolong berikan sosialisasi kepada bapak-bapaknya juga. Karena yang menjaga reproduksi ibu-ibunya adalah bapak-bapaknya turut andil. Saya sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia juga ternyata banyak sekali kasus-kasus kanker karena suami yang tidak menjaga reproduksi istrinya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno berharap, dengan dibentuknya Kampung Germas dan ini bisa mendorong masyarakat,buntuk lebih berperilaku hidup bersih dan sehat serta terciptanya keluarga sehat dan sejahtera.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here