Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKisah Hidup yang Inspiratif

Kisah Hidup yang Inspiratif

Bogordaily.net – Buku ini bagaikan sebuah lobang, yang bisa dipakai untuk melihat wajah bangsa ini secara lebih utuh. Memang yang ditulis dalam buku ini adalah sosok , tapi secara substansi sebenarnya buku ini bercerita tentang realitas kebangsaan. Karena dari buku ini, kita dapat melihat penggalan peristiwa penting yang pernah dialami oleh bangsa ini. Buku ini juga bisa diibaratkan sebagai cermin, karena dari buku ini kita dapat menatap wajah kita sebagai bangsa.

Ini terjadi karena pertama, adalah sosok penting yang berperan secara langsung dalam proses perjalanan bangsa ini. Peran ini terlihat dari posisi srategis yang pernah dijabat oleh dalam pemerintahan, yaitu sebagai Menteri Keuangan, Kepala Bulog dan Menko Perekonomian pada Kabinet Persatuan Pembangunan di era kepemimpinan Presiden KH. Abdurrahman Wahid. Selanjutnya, pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, diangkat sebagai Menko Maritim.

Yang menarik dari sosok ini adalah sikapnya yang konsisten dalam memperjuangkan nasib bangsa, baik saat berada di dalam maupun di luar kekuasaan melalui sikapnya yang kritis dan tegas. Ketika berada di dalam kekuasaan, tidak segan-segan berhadapan dengan beberapa kelompok maupun individu yang menurutnya tidak sesuai dengan kepentingan bangsa. berani megambil resiko dicopot dari jabatan karena sikapnya yang konsisten ini. Demikian juga ketika berada di luar kekuasaan, memberikan kritik yang tajam jika ada hal-hal atau kebijakan yang dirasa menyimpang.

Kedua, hal yang menarik dari buku ini adalah terkait dengan perjalanan hidup sosok sendiri yang dapat menjadi inspirasi masyarakat, khususnya generasi muda. Sebagaimana dipaparkan dalam buku ini, untuk mencapai prestasi, ada proses panjang yang berliku, melelahkan dan bahkan sulit. Prestasi yang dicapai diperoleh dengan kerja keras dan penuh perjuangan. Dari menjadi aktivis mahasiswa, sampai menjadi pekerja saat belajar di luar negeri. Proses ini menjadi pelajaran bagi siapa saja bahwa keberhasilan tidak datang dengan mudah tetapi perlu perjuangan keras.

Setiap orang memang memiliki jalan hidup masing-masing untuk mencapai keberhasilam. Cara yang ditempuh oleh satu orang belum tentu cocok untuk diterapkan pada orang lain. Jalan kesuksesan seseorang belum tentu sama dengan jalan yang ditempuh oleh orang lain. Namun ada satu pesan moral yang bisa diambil dari buku yang berlaku untuk semua orang, yaitu prinsip perjuangan dalam mencapai keberhasilan. Suatu keberhasilan yang dicapai tanpa melalui perjuanan adalah kesuksesan semu.

Dari buku ini kita bisa melihat dan belajar bagaimana memegang prinsip dan idealism di tengah pusaran arus kepentingan. Sosok Rizal Ramli merupakan tipologi intelektual organik, sebagaimana yang dikonsepkan oleh Antonio Gramcy. Dia bukan tipologi intelektual yang hanya berada dalam tumpukan buku dan belantara konsep, tetapi seorang intelektual yang terjun ke lapangan dan basah kuyup dengan berbagai persoalan hidup. Rizal Ramli adalah intelektual yang tidak sekedar menginspirasi tetapi juga menggerakkan.

Akhirnya saya mengucapkan selamat atas terbitnya buku yang sangat menginspirasi ini. Buku yang menceritakan sosok yang menjadi bagian dalam sejarah bangsa. Saya berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Selamat membaca…….!!!

DR. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum.

[Pengantar Ibu Shinta Wahid untuk buku tentang Rizal Ramli yang akan terbit]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here