Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorKondisi Situ Cilala Memprihatinkan, Begini Kata Yayasan CAI

Kondisi Situ Cilala Memprihatinkan, Begini Kata Yayasan CAI

Bogordaily.net – Ketua Yayasan Cakrawala Alam Indonesia (CAI), bertemu dengan Team Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Direktorat Jendral Sumber Daya Air Jakarta, membahas hasil penelusuran Y-CAI sejak 2016. Kondisi di , Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor kondisinya memprihatinkan.

“Sumber mata air tidak terurus, PH air berubah akibat limbah dari aktifitas budidaya ikan yang tidak baik sehingga merusak sedimentasi serta keasrian lingkungan,” kata Ketua Yayasan Cakrawala Alam Indonesia (CAI), Tubagus Didi, Senin 13 September 2021.

Tubagus menjelaskan, untuk konservasi ini perlu campur tangan dari institusi pemerintah dalam hal ini Kementrian PUPR Dirjen Sumber Daya Air dan Balai Besar Wilayah Sungai.

“Kami berharap ada campurtangan darim pihak berwenang supaya seluar 18 hektar bisa diselamatkan,” kata Didi.

Ia juga menegaskan bahwa pengelolaan harus berdasarkan konservasi yang continue dan permanen.

Supaya bisa melakukan penyelamatan kawasan konservasi di , Yayasan CAI melayangkan surat permohonan Rekomtek (Rekomendasi Teknis)ke Kementrian PUPR/Dirjen Sumber Daya Air dan BBWS.

“Setelah tika kali kami bersurat baru kali ikni team dari balai melihat langsung kondisi situ,” papar Didi.

Didi berharap supaya bisa dilakukan penyelamatan konservasi di , Kementrian PUPR/Dirjen Sumber Daya Air dan BBWS memberikan Rekomtek kepada Y-CAI ditunjuk dan dikuasakan sebagai pengelola .

“Maka kita akan tindak lanjuti ke Pemda Kab Bogor cq. Kades Jampang (legalitas) dan ke PT. Kuripan Raya (CSR) utk mendukung pelaksanaan Konservasi nya,” katanya.

“insyaaAllah mulai bulan Oktober kita sdh bisa terealisasi dan berjalan,” tambahnya.

Ia menjelaskan Yayasan CAI akan melakukan konservasi supaya lingkungan di kawasan itu terjaga, terpelihara dan bermanfaat. Sehingga keberadaan dapat memberikan dampak positik kepada masyarakat tanpa merusak . Potensi yang bisa dikembangkan kedepan berupa objek wisata air.

“Sesuai dengan tagelane Kabupaten Bogor Sport and Tourism,” kata Didi.

Diketahui, Situ Cilala memiliki luar 18 hektar, lokasinya berada di kawasan Perumahan Telaga Kahuripan, , Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Saat ini pengelolaan situ Cilala berada di bawah PT. Kuripan Raya (Pengembang Perumahan Telaga Kahuripan). Situ tersebut mempunyai fungsi utama sebagai daerah resapan air tanah bagi masyarakat sekitar, suplesi irigasi/sumber air, dan pengendali banjir.

Fungsi lainnya adalah sebagai tempat bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan budidaya ikan dalam keramba, penangkapan ikan dengan menggunakan jala, dan pemancingan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here