Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKSAD Jenderal Andika Perkasa Disebut Bakal Jadi Penglima TNI

KSAD Jenderal Andika Perkasa Disebut Bakal Jadi Penglima TNI

Bogordaily.net – Anggota Komisi I DPR mengatakan bahwa kemungkinan pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto di kursi ialah Jenderal .

Sebagaimana diketahui Hadi akan memasuki masa pensiun. Kendati begitu sampai saat ini belum ada kepastian siapa nama pengganti Hadi.

Sementara kemungkinan yang bakal menggantikan posisi Andika di ialah Letnan Jenderal yang saat ini menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

“Insha Allah….semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal menjadi dan Jenderal menjadi Panglima TNI,” kata Effendi dihubungi, Jumat 3 September 2021.

Mendekati masa pensiun Marsekal Hadi Tjajanto, kekinian belum ada nama yang secara resmi diajukan untuk menggantikan posisinya sebagai Panglima TNI. Lalu dari nama-nama yang santer berpeluang menggantikan Hadi, siapa yang dinilai paling cocok?

Menjawab pertanyaan itu, Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat Syarif Hasan menilai dari nama tiga kepala staf yang kekinian disebut-sebut sebagai pengganti Hadi, Syarif mengatakan Jenderal Andika Prakasa yang cenderung tepat duduk di kursi Panglima TNI.

“Memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya dan mudah-mudahan yang terbaik lah yang diserahkan presiden,” kata Syarif di Kompleks Parlemen DPR, Rabu 1 September 2021.

Syarif menyebutkan sejumlah kinerja Andika yang dianggap menonjol dibanding dua kepala staf lainnya. Pertama ialah upaya Andika dalam meningkatkan keahilan para prajurit di TNI AD.

Kemudian kata Syarif, yakni pembenahan SDM di lingkungan matra Darat yang telah dilakukan Andika.

“Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang Pak Andika perform sekali,” ujar Syarif.

Kendati begitu, Syarif mengatakan penilaian siapa sosok terbaik sebagai Panglima TNI sepenuhnya merupakan wewenang Presiden Jokowi. Ia hanya berharap nama pengganti Hadi segera diajukan, mengingat masa pensiun Hadi yang kian mendekat.

“Kita lihat saja undang-undangnya, tapi sebaiknya lebih cepat lebih baik,” ujar Syarif.

Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS Jazuli Juwaini memandang masa jabatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI tidak perlu diperpanjang, seiring masa pensiun Hasi yang tinggal dua bulan.

Jazuli mengatakan perpanjangan masa jabatan Hadi dirasa tidak perlu lantaran masih banyak sosok di TNI yang memiliki potensi untuk memggantikan Hadi.

Karena itu Jazuli mengatakan Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif harus segera mengajukan nama pengganti Hadi, sebagaimana waktu yang tersisa sebelum Hadi pensiun.

“Yang penting kalau sudah lewat ya jangan diterusin. Kenapa? Karena itu menutup ruang kader-kader terbaik TNI di bawahnya. Kan gitu,” ujar Jazuli di Kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Rabu 1 September 2021.

“Diperpanjang boleh asal sudah enggak ada lagi TNI yang berpotensi. Ini kan banyak yang punya potensi,” sambung Jazuli.

Namun, Jazuli sendiri enggan menyebut siapa saja sosok yang kemudian dinilai memiliki potensi untuk menggantikan Hadi sebagai Panglima TNI.

Menurut dia, berbicara sosok maka hal itu sepenuhnya merupakan hak dari Jokowi.

“Ya pokoknya seluruh di bawah panglima kan punya peluang dan potensi. Enggak boleh, kan saya bukan presiden,” kata Jazuli.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here