Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaLepas Sambut Mahasiswa Pertukaran Program MBKM UIKA 2021-2202

Lepas Sambut Mahasiswa Pertukaran Program MBKM UIKA 2021-2202

Bogordaily.net menggelar para mahasiswa pertukaran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021-2022 pada Rabu, 15 September 2021.

Diketahui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program pemerintah, dimana bertujuan untuk mengeksplor mempelajari keberagaman nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dari salah satu mahasiswa UIKA Bogor, lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya adapun sambutan dari Penanggung Jawab Program MBKM Universitas UIKA, Erick Yudapratama.

“Dari hasil yang diperoleh, tahun ini kampus UIKA Bogor telah mendapatkan nama-nama yang terpilih dan nantinya akan betukar di belahan Indonesia baik dari Sabang sampai Marauke. Saya ucapkan selamat,” ucapnya.

Erick juga mengungkapkan beberapa nama mahasiswa yang bertukar dan belajar di UIKA Bogor.

“Ini merupakan sebuah kesempatan menarik, yang bisa didapatkan baik dari mahasiswa UIKA Bogor ke luar, juga mahasiswa dari luar ke UIKA untuk belajar dan memilih prodi-prodi serta tentu saja mendapatkan pengalaman kebhinekaan dalam mata kuliah modul nusantara,” paparnya.

Rektor Ibn Khaldun (UIKA) Dr. H. E. Mujahidin, M.Si juga memberi sambutan sekaligus meyambut ramah para mahasiswa yang melakukan pertukaran ke UIKA Bogor.

“Atas nama , Saya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa yang akan kuliah di UIKA. Dan untuk mahasiswa UIKA yang mengambil perkuliahan di luar, saya ucapkan selamat jalan semoga semuanya lancar,” ujar Rektor UIKA Bogor, Mujahidin.

MBKM
Rektor UIKA Bogor, Dr. H. E. Mujahidin, M.Si saat memberikan sambutan para mahasiswa pertukaran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021-2022 pada Rabu, 15 September 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

Lanjutnya, pertukaran pelajaran di UIKA Bogor sudah pernah dilakukan dari dulu, tetapi agak berbeda karena sebelumnya hanya ke luar negeri, belum melakukan ke dalam negeri.

Kata Mujahidin, pembelajaran pertukaran ini akan dilakukan secara online terlebih dahulu, nantinya akan mulai dilaksanakan secara offline pada bulan November mendatang.

“Jika sudah memungkinkan, sudah melakukan offline. Saya akan senang sekali jika para mahasiswa bisa datang kesini melihat kampus Ibn Khaldun Bogor dan berkeliling nanti ke bersama Ibu Sekda yang akan memperlihatkan Kota yang kami cintai ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Sekda Syarifah Sofiah mengatakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021-2022 ini, suatu refleksi dari keadaan pandemi Covid-19.

“Program ini merupakan suatu refleksi dari keadaan pandemi, dimana dengan teknologi kalian bisa belajar berselancar dari Sabang ke Marauke,” ucap Sekda .

“Saya harap dengan ini, setiap individu bisa memperkaya kondisi sosialnya. Bagaimana dengan pemberdayaanya, culture-nya, kekayaan kuliner, alam, dan sebagainya akan menjadi lebih siap di dunia kerja,” ujarnya.

Terakhir, Syarifah memberikan ucapan kepada mahasiswa yang melakukan .

MBKM
Sekda Syarifah Sofiah memberikan ucapan kepada para mahasiswa yang melakukan pertukaran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021-2022 pada Rabu, 15 September 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Saya sangat menyambut baik, jadi saya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang bertukar ke mana-mana, ini merupakan pengalaman berharga yang akan diingat di hidup kalian pastinya,” ungkapnya.

Turut hadir juga para wakil rektor 1, 2, 3, dan 4. Lalu dosen-dosen, serta dekan, dan perwakilan MBKM UIKA.

Berikut adalah daftar Universitas yang melakukan pertukaran ke UIKA Bogor :

Universitas Teknokrat Indonesia
Universitas Islam Riau
Universitas Bengkulu
Universitas Lampung
Universitas Prima Indonesia
Universitas Negeri Padang
Universitas Mahasaraswati Denpasar
Universitas Syiah Kuala
Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Universitas Jambi
Universitas Katolik St. Thomas
Universitas Muhammadiyah Metro
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Universitas Mahasaraswati Denpasar
Universitas Negeri Medan
Universitas Samudera
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Univeritas Katolik Santo Thomas
Universitas Malikussaleh

Lalu, Universitas tujuan dari mahasiswa UIKA Bogor :

Universitas Lambung Mangkurat
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Universitas Tanjungpura
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Universitas Islam Al-azhar
Universitas Mataram
Universitas Muhammadiyah Kupang
Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Universitas Tanjungpura
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
Universitas Cokroaminoto Palopo
Universitas Halu Oleo
Universitas Katolik De La Salle
Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Mulawarman
Universitas Fajar
STMIK Widya Cipta Dharma
Universitas Nusa Cendana
Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Universitas Nusa Cendana
Universitas Katolik De La Salle. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here