Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaMenteri ATR/Kepala BPN Mengunjungi Kantah Kota Bogor

Menteri ATR/Kepala BPN Mengunjungi Kantah Kota Bogor

Bogordaily.net – Kepala Kantor Pertanahan , Rahmat menyambut dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, Rabu 8 September 2021.

Kemudian di dampingi oleh Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Della R. Abdullah dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Yulia Jaya Nirmawati hadir di Kantor Pertanahan .

Dalam ini, Kepala Kantor Pertanahan menjelaskan beberapa inovasi yang ada di Kantor Pertanahan , mulai dari Loket Online, Data Center, Mesin Antrian, Pertanahan Online Servis (POS BPN).

Lalu, Sistem Pengaduan Pertanahan (SIMPANAH), Informasi Layanan, serta kesiapan digitalisasi layanan pertanahan di Kantor Pertanahan .

tersebut merupakan salah satu dukungan serta komitmen dari seluruh jajaran selaku pelaksana jajaran di daerah.

“Kementerian ATR/BPN kini sudah lebih baik, tapi belum sepenuhnya baik. Oleh sebab itu kita akan terus perbaiki, dengan melakukan berbagai upaya yang merupakan best practice untuk perbaikan di segala lini. Di kota-kota besar memang layanannya banyak sekali, jadi wajar kalau kemudian terdapat komplain. Namun kita berkomitmen akan terus melakukan perbaikan,” ujar Sofyan A. Djalil.

Perbaikan yang sangat menonjol dilihat dari transformasi digital yang terus dikembangkan di seluruh satuan kerja.

Terbukti, dengan dilakukan digitalisasi pada empat layanan seperti Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), serta Pengecekan Sertipikat Tanah dapat mengurangi antrean pada Kantor Pertanahan sebanyak 40%.

KEPALA BPN
Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil Saat Melihat Sentuh Tanahku di Kantah , Rabu 8 September 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Selain itu, Kementerian ATR/BPN menargetkan dapat mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Untuk itu, perbaikan dari segi sarana dan prasarana pendukung seperti alat ukur juga diperlukan. Maka dari itu, Menteri ATR/Kepala BPN mendorong ide-ide kreatif dari seluruh jajaran untuk menciptakan hal baru, berupa teknologi dalam mendukung percepatan pendaftaran tanah.

Staf Khusus Menteri ATR/KBPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Della R. Abdullah yang turut mendampingi pada peninjauan ke beberapa Kantor Pertanahan mengatakan, telah melihat kesiapan dari masing-masing satuan kerja dalam mendukung implementasi layanan digital.

“Jadi persiapan semua mereka sudah lakukan, mulai dari digitalisasi warkah dan lainnya yang mendukung hal itu sudah berproses. Bahkan untuk penerapan layanan Loketku juga sudah siap dilaksanakan dan ini merupakan tuntutan pelayanan dalam meningkatkan layanan supaya lebih baik lagi,” ucapnya.

“Layanan berbasis digital ini bagus untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat, sehingga waktu pelayanan lebih baik, akurasi informasi juga lebih baik. Kemudian yang perlu dilakukan adalah mengedukasi masyarakat supaya masyarakat terbiasa dengan sistem yang berbasis digital,” pungkas Staf Khusus Menteri ATR/KBPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here