Wednesday, 15 May 2024
HomeBeritaPemerintah China Sambut Baik Pemerintahan Bentukan Taliban

Pemerintah China Sambut Baik Pemerintahan Bentukan Taliban

Bogordaily.net – Pemerintah China menyatakan pihaknya menyambut baik berakhirnya “tiga minggu anarki” di dengan pembentukan pemerintahan baru di . China pun menyerukan untuk memulihkan ketertiban di negara itu.

menguasai saat pasukan Amerika Serikat menarik diri bulan lalu dan telah membentuk pemerintahan baru yang mulai bekerja Rabu 8 September 2021, ini.

China telah mengecam penarikan mundur AS, yang dikritiknya sebagai tidak terencana dan tergesa-gesa. Beijing mengatakan pemerintahan baru bentukan akan membantu menciptakan stabilitas di .

“China memandang penting pengumuman oleh tentang pembentukan pemerintah sementara dan beberapa pengaturan personel penting,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada konferensi pers seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu 8 Agustus 2021.

“Ini telah mengakhiri lebih dari tiga minggu anarki di dan merupakan langkah yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban dan membangun kembali negara,” imbuhnya.

Wang mengatakan bahwa China “tidak akan ikut campur dalam urusan internal ”, tetapi berharap Taliban akan “mengupayakan kebijakan domestik dan luar negeri yang moderat dan stabil, menindak tegas semua jenis kekuatan teroris, dan bergaul dengan baik dengan semua negara, terutama negara-negara tetangga.”

Sementara sebagian besar negara-negara di dunia telah mengadopsi pendekatan menunggu dan melihat untuk terlibat dengan Taliban, China telah mengatakan siap untuk membangun hubungan persahabatan dengan kelompok itu setelah pengambilalihan mereka.

Pekan lalu seorang juru bicara Taliban mengatakan Beijing telah menjanjikan peningkatan bantuan, termasuk bantuan penanganan COVID-19.

Sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here