Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPeneliti Demam Berdarah UGM Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh 2021 versi TIME

Peneliti Demam Berdarah UGM Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh 2021 versi TIME

Bogordaily.net baru saja merilis daftar 100 Bersanding dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle juga penyanyi-penulis lagu Billie Eilish, ada wakil Indonesia di dalam daftar tersebut.

Adi Utarini, dosen dan peneliti (UGM) menjadi salah satu dari 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada 2021 versi majalah . adalah figur yang merekomendasikan , sapaan akrabnya, sebagai sosok yang berpengaruh di 2021.

“Beberapa tahun yang lalu, dalam perjalanan ke Indonesia, saya mengunjungi sebuah keluarga di dekat lab Adi Utarini di Yogyakarta. Saya ingin mendengar bagaimana dia berhasil meyakinkan mereka untuk membiarkan dia melepaskan kawanan nyamuk di sekitar lingkungan mereka,” tulis Melinda dikutip dari .

Meneliti nyamuk demam berdarah
Peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, Prof dr Adi Utarini, MSc, MPH, PhD, ini punya peran penting dalam upaya untuk mengatasi penyakit demam berdarah.

Utarini bekerja sama dengan tim peneliti internasional dari World Mosquito Program (WMP) untuk mengekang ancaman ini dengan menginokulasi nyamuk dengan Wolbachia, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia tetapi mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya.

Sebuah studi terobosan yang ia pimpin adalah yang pertama membuktikan teknik ini berhasil menurunkan tingkat penyakit di lingkungan masyarakat.

Namanya juga pernah dibanggakan Jokowi dalam akun Instagram bersama ‘srikandi' lain, Tri Mumpuni. Ketika itu Adi Utarini masuk daftar 10 orang yang membantu pengembangan ilmu pengetahuan di dunia tahun ini berdasarkan Nature (jurnal ilmiah).***

 

Sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here