Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorSungai Cidurian Meluap, Belasan Rumah Hanyut Terbawa Arus

Sungai Cidurian Meluap, Belasan Rumah Hanyut Terbawa Arus

Bogordaily.net telah terjadi di sungai Cidurian, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hingga merobohkan dan merusak belasan .

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan bahwa itu terjadi akibat meluapnya Sungai Cidurian, pada Senin 6 September petang.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani menyebutkan bahwa, banjir bandang tersebut mengakibatkan kerusakan infrastruktur di empat kecamatan, yakni Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya.

“Ada juga 50 orang santri dan guru di Ponpes Darussalam terisolasi karena utama yang membentang di atas Sungai Cidurian terbawa arus. Saat ini tim reaksi cepat (TRC) sudah berupaya masuk ke sana,” kata Adam 7 September 2021 dini hari.

Dia mengatakan bahwa khusus di Kecamatan Nanggung, jalan sepanjang delapan meter mengalami longsor, tepatnya di Desa Malasari.

Kemudian, di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg bambu ikut terbawa banjir bandang.

Selanjutnya, penghubung Desa Urug, Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung terbawa arus banjir bandang.

Demikian juga dengan menuju Pondok Pesantren Darussalam, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga serta Citalahab, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung yang ikut terbawa arus.

“Ini masih laporan ringkas kaji cepat. Pasti data dinamis dan masih bisa berubah,” kata Adam.

Menurutnya data sementara menyatakan bahwa penghuni 10 di bantaran Sungai Cidurian yang berlokasi di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, terpaksa diungsikan.

Adam menjelaskan bahwa banjir bandang ini disebabkan curah hujan tinggi sejak sore, hingga menjelang malam di wilayah barat Kabupaten Bogor.

Sementara itu Camat Cigudeg, Pardi menyebutkan bahwa luapan air Sungai Cidurian berangsur surut pada malam hari.

Tapi ia tetap meminta warga di bantaran sungai mengungsi ke tempat yang relatif lebih aman.

“Alhamdulillah sudah mulai surut. Warga yang ada di bantaran Sungai Cidurian, sementara diungsikan ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadi banjir susulan,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here