Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaTangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita

Tangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita

Bogordaily.net (AMSI) Wilayah Jawa Barat, telah menggelar pelatihan secara virtual pada Rabu 22 September 2021.

Para peserta yang hadir datang dari praktisi media, institusi informasi publik, akademisi, mahasiswa, humas, dan pihak-pihak lainnya.

Dua pemateri, Mohamad Nurfahmi Budiarto dan Ikbal Safana yang dihadirkan AMSI mengupas materi esensi karya , dampak media sosial, mengenal advertorial, mengenal jurnalisme yang mengabdi kepada apublik, meretas algoritma medis sosial, hingga mewaspadai makna ganda foto dalam berita.

“Informasi hoaks banyak beredar di media sosial, tapi ada juga di media mainstream. Misal, informasi yang tak didukung penjelasan ilmiah atau data yang rasional. Seperti ada informasi yang menyebut dalam 3 hari berat badan bisa turun 20 kilogram. Pembaca harus kritis, informasi seperti ini bisa jadi tidak benar,” ujar Mohamad Nurfahmi Budiarto.

Dalam pelatihan sehari yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB tesebut, peserta juga diminta praktik cek fakta, membuktikan apakah informasi yang meneyartai sebuah foto benar atau salah.

Ketua Riana A Wangsadiredja berharap pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap peserta dan masyarakat secara luas.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan masyarakat sebagian besar bertumpu pada teknologi daring, termasuk dalam upaya memperoleh informasi. Maka, publik perlu mendapatkan edukasi agar bisa memilih dan memilah informasi, serta sebagai subjek dalam upaya melawan kesalahpahaman atas suatu informasi tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Riana, pelatihan yang digelar hari ini adalah bagian dari kegiatan Literasi Beirta yang digelar AMSI pusat bekerja sama dengan Google Initiative dan Cek Fakta, yang berlangsung mulai tanggal 1-29 September 2021.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here