Tangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita

Menu

Mode Gelap
Malang Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,3 Niat Jemput Anak, Seorang Ibu Asal Cigudeg Tewas Tertabrak Truk Terputusnya Aliran Listrik PLN, Ini 3 Wilayah yang Terdampak Akibat Hujan Deras dan Angin, Pohon di Perum Taman Griya Tumbang Klarifikasi, Rachel Vennya: Aku Tidak Lakukan Karantina Sama Sekali

TERKINI ยท 22 Sep 2021 21:20 WIB

Tangkal Hoaks, AMSI Jabar Gelar Pelatihan Literasi Berita


 AMSI Jawa Barat, menggelar pelatihan Literasi Berita secara virtual pada Rabu 22 September 2021. (Istimewapp/Bogordaily.net)  Perbesar

AMSI Jawa Barat, menggelar pelatihan Literasi Berita secara virtual pada Rabu 22 September 2021. (Istimewapp/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat, telah menggelar pelatihan Literasi Berita secara virtual pada Rabu 22 September 2021.

Para peserta yang hadir datang dari praktisi media, institusi informasi publik, akademisi, mahasiswa, humas, dan pihak-pihak lainnya.

Dua pemateri, Mohamad Nurfahmi Budiarto dan Ikbal Safana yang dihadirkan AMSI mengupas materi esensi karya jurnalistik, dampak media sosial, mengenal advertorial, mengenal jurnalisme yang mengabdi kepada apublik, meretas algoritma medis sosial, hingga mewaspadai makna ganda foto dalam berita.

“Informasi hoaks banyak beredar di media sosial, tapi ada juga di media mainstream. Misal, informasi yang tak didukung penjelasan ilmiah atau data yang rasional. Seperti ada informasi yang menyebut dalam 3 hari berat badan bisa turun 20 kilogram. Pembaca harus kritis, informasi seperti ini bisa jadi tidak benar,” ujar Mohamad Nurfahmi Budiarto.

Dalam pelatihan sehari yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB tesebut, peserta juga diminta praktik cek fakta, membuktikan apakah informasi yang meneyartai sebuah foto benar atau salah.

Ketua AMSI Jabar Riana A Wangsadiredja berharap pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap peserta dan masyarakat secara luas.

“Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan masyarakat sebagian besar bertumpu pada teknologi daring, termasuk dalam upaya memperoleh informasi. Maka, publik perlu mendapatkan edukasi agar bisa memilih dan memilah informasi, serta sebagai subjek dalam upaya melawan kesalahpahaman atas suatu informasi tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Riana, pelatihan Literasi Berita yang digelar hari ini adalah bagian dari kegiatan Literasi Beirta yang digelar AMSI pusat bekerja sama dengan Google Initiative dan Cek Fakta, yang berlangsung mulai tanggal 1-29 September 2021.***

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Waspada, Jangan Lakukan Hal Ini di Rumah Ketika Terjadi Petir

21 Oktober 2021 - 16:03 WIB

Ketika

Lokasi Strategis Summarecon Bogor Memiliki Pintu Exit In Tol Jagorawi

20 Oktober 2021 - 19:15 WIB

Bima Arya Tinjau Penataan Kawasan Suryakencana

18 Oktober 2021 - 15:47 WIB

Penataan

Episode Terakhir, Drama “Hometown Cha Cha Cha” Dapat Rating Tinggi

18 Oktober 2021 - 15:21 WIB

Rating

Jalan Rusak Parah, Warga Desa Cipinang Tancapkan Plang dan Pohon Pisang

18 Oktober 2021 - 15:19 WIB

Warga Desa Cipinang

Periode Challenge PLN Mobile Virtual Charity Run & Ride Dimulai Hari Ini!

17 Oktober 2021 - 11:32 WIB

Virtual charity
Trending di TERKINI