Friday, 26 April 2024
HomeTravellingTernyata! Tahu Sumedang Kini Sudah Berusia Lebih dari Seabad

Ternyata! Tahu Sumedang Kini Sudah Berusia Lebih dari Seabad

Bogordaily.net – Jangan dianggap sepele . Ternyata yang kini tersebar di bebarapa daerah berusia .

Sebenarnya tahu merupakan makanan khas yang biasa disebut doufu atau dibaca toufu. Tahu ini dahulu dibawa dan diproduksi oleh orang , salah satunya di wilayah Sumedang, Jawa Barat.

Yang memperkenalkan tahu sampai menjadi makanan yang populer di Sumedang ini adalah . datang dan menetap di Tegalkalong atau sekarang di Jalan Sebelas April pada tahun 1900-an.

Pada mulanya membuat olahan tahu hanya untuk makanan sehari-hari keluarga atau suguhan untuk para tamu, kerabat dan tetangga.

Sampai pada akhirnya, orang-orang mempunyai kesan sendiri bahwa tahu olahan memiliki cita rasa yang enak. Saat itulah Ong Kino mulai mencoba untuk menjual dan memproduksi tahu olahannya di rumahnya sendiri.

Namun tidak lama sampai pada tahun 1917, Ong Kino pulang lagi ke China. Usaha tahu ini tetap berjalan dan yang meneruskan adalah anaknya yang datang dari China yang bernama Ong Boen Keng pada tahun 1917.

Ong Boen Keng mempelajari proses pembuatan tahu ini mulai dari bahan baku sampai tahap penggorengan. Jelas tahu ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan tahu putih dan tahu kuning. Tahu buatan Ong Boen Keng ini punya cita rasa yang gurih dan lezat.

Sampai pada suatu ketika, seorang Bupati Sumedang Pangeran Aria Soeriaatmadja (1883-1919) mencicipi tahu ini lalu berkata “Tahu ini enak dan pasti laku keras”.

Terbukti hingga sekarang tahu Boen Keng yang sekarang dikenal sebagai menjadi makanan yang populer yang tidak hanya di Sumedang melainkan di seluruh Indonesia.

Kepopuleran ini menyamai makanan populer daerah lainnya. Sampai detik sekarang usaha ini tetap dijalankan secara turun menurun. Saat Ong Boen Keng meninggal tahun 1994, Usaha dilanjutkan oleh anaknya yaitu Bah Ukim dan sekarang dikelola oleh Ong Che Ciang atau Suriadi anaknya Bah Ukim.

Rahasia di balik kesuksesan sampai bertahan 104 tahun ini adalah dengan menjaga kualitas rasa tahu. Mulai dari pemilihan kedelai khusus yaitu kedelai jenis lurik dan menggunakan air tanah yang bersih.

Kini Tahu Bungkeng sudah memiliki 6 toko cabang, 5 di Sumedang dan 1 di Kota Bandung. Untuk harga Tahu Bungkeng sebesar Rp. 600/biji, lebih nikmat bisa memesan lontong dan sambal tauco yang harganya Rp. 1.000 dan Rp. 3.000.

Toko pusatnya berada di Jalan Sebelas April No.53, Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Buka dari pukul 07.00-17.00 WIB.(dtk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here