Friday, 10 May 2024
HomeBeritaTingkatkan Pelayanan, Perumda Tirta Pakuan Bangun Instalasi Pengolahan Air Palasari

Tingkatkan Pelayanan, Perumda Tirta Pakuan Bangun Instalasi Pengolahan Air Palasari

Bogordaily.net – Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan ada lima progran kegiatan pada 2021, diantaranya adalah bantuan dari APBN untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Palasari.

Perusahaan Umum Daerah Tirta Pakuan membuat sejumlah program yang akan dijalankan dan sedang dikerjakan pada 2021. Program bantuan tersebut diantaranya ada yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui anggaran APBN.

“Jadi bantuan dari APBN pembangunan palasari itu untuk menambah kapasitas 50liter/detik sehingga bisa meningkatkan pelayanan menambah di zona 5 sebanyak sekitar 3.500 pelanggan,” ujarnya Senin 13 September 2021.

Selama ini kata Ardani pelayanan di zona lima dibantu melalui zona dua sehingga dengan adanya penambahan kapasitas ini diharapkan bisa mengurangi beban di zona dua yang selama ini membantu mengaliri di zona lima dan sona dua akan difokuskan untuk pelayanan di wilayah Cipaku.

Program selanjutnya kata Ardani adalah pembangunan unit produksi di Cipinang Gading yang merupakan bantuan dari APBN untuk pembangunan intake dan prasedimentasi untuk kapasitas WTP 100 liter perdetik.

Selain itu saat inu Perumda Tirta Pakuan juga sedang membangun Reservoir Jabaru yang seharusnya sudah direalisasi tahun sebelumnya namun baru bisa terlaksana ditahun ini.

Dengan adanya Reservoir ini kata Ardani permasalahan distribusi air di sebagian wilayah Bogor Barat bisa ditangani.

“Ya artinya wilayah Kelurahan Balumbang Jaya dan Margajaya Sindangbarang, Bubulak dan sekitarnya saat ini kita membangun 1×1500 salah satunya untuk memenuhi sebagian wilayah tersebut dipagi dan sore hari,” ujarnya.

Untuk jaringan diwilayah Bogor Barat kata Ardani Pemansangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang seharusnya hingga ke Darul Quran baru sampai wilayah Gunung Batu karena adanya keterbatasan anggaran.

Namun kedepan kata Ardani selama dana investasi ada maka akan dipenuhi kekurangannya dengan pipa 300 atau 600 sehingga program itu bisa tercapai hingga tahun 2039.

Untuk program pengembangan jaringan kata Ardani pihaknya sedang memperluas jaringan air minum 100 persen dengan pengembangan di wilayah Bogor Timur dan Bogor Utara.

“Itu merupakan bentuk kami dalam memenuhi akses air minum 100 persen ditahun 2024,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here