Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaVaksin Pfizer Bisa untuk Ibu Hamil dan Anak-anak, Ini Vaktanya!

Vaksin Pfizer Bisa untuk Ibu Hamil dan Anak-anak, Ini Vaktanya!

Bogordaily.net – Indonesia telah menerima total 2,7 vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi nasional dalam rangka mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok melawan infeksi Corona. dengan nama Cominarty ini sempat jadi incaran karena memiliki efikasi 95 persen.

mengembangkan vaksin COVID-19 dengan metode mRNA yang akan memicu sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein untuk membentuk antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Berikut informasi mengenai vaksin , mulai dari efikasi hingga efek sampingnya.

1. Efikasi 100 persen pada anak di atas 12 tahun
Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) telah memberikan izin persetujuan penggunaan untuk vaksin . Dalam keterangannya, BPOM menyebut vaksin efektif mencegah COVID-19 pada anak berusia 12 tahun ke atas. Efektivitas vaksin juga terlihat pada kelompok lansia 65 tahun ke atas yang memiliki kondisi kesehatan sebelumnya atau komorbid.

“Efikasi vaksin untuk usia 19 tahun ke atas mencapai 95 persen. Pada usia 12-15 tahun adalah 100 persen,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito.

2. Efek samping vaksin
Hasil uji klinis menunjukkan bahwa efek samping usai penyuntikan vaksin cenderung ringan. Kejadian reaksi yang paling sering dilaporkan, yang biasanya berlangsung beberapa hari adalah:

nyeri di tempat suntikan
kelelahan
sakit kepala
nyeri otot
menggigil
nyeri sendi
demam.
Sebagai catatan, lebih banyak orang mengalami efek samping ini setelah menerima dosis kedua daripada dosis pertama, jadi penting bagi penyedia dan penerima vaksinasi untuk berharap bahwa mungkin ada beberapa efek samping setelah dosis kedua.

3. Rekomendasi penerima vaksin
Rekomendasi Target dari BPOM

Usia +12 tahun
Rekomendasi target penerima vaksin:
Pengidap gangguan jantung, pernapasan, obesitas
Penyintas COVID-19*
Pengidap HIV +*
Pengidap gangguan imun*
Ibu hamil
Ibu menyusui
Untuk Anda konsumen setia CT Corp yang berusia 12+, vaksin Pfizer saat ini tersedia juga di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan. Pendaftaran sudah mulai dibuka untuk jadwal penyuntikan 11 September hingga 1 Desember 2021. Secara bertahap, vaksin Pfizer juga akan hadir di 10 lokasi jejaring CT Corp lainnya.

Program ini merupakan kerja sama CT Corp dengan Kementerian Kesehatan dan terbuka untuk umum sebagai bentuk CT Corp peduli keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

Sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here