Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaWaduh! Ada yang Menganggap Minum Air Kelapa Bisa Menetralisir Vaksin

Waduh! Ada yang Menganggap Minum Air Kelapa Bisa Menetralisir Vaksin

Bogordaily.net – Sebagian kecil orang ternyata masih percaya kalau habis divaksin bisa menghilangkan kasiat vaksin Covid-19 itu sendiri.
Perlu diketahui, vaksin bukanlah racun sehingga masyarakat tidak perlu takut.

Kali kali air kelapa dianggap ampuh dalam menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga bagi mereka yang khawatir terhadap efek vaksin sebagai penetralisir.

“Jadi, fenomena ramai-ramai untuk mencegah fungsi vaksin itu sebaiknya dihentikan, karena fungsi vaksin yang masuk ke dalam tubuh itu tetap ada,” ucap Edi Hidayat, dokter ahli penyakit dalam di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, dikutip dari Antara.

Edi menjelaskan kandungan material di dalam vaksin Covid-19 adalah antigen yang bertujuan untuk membentuk antibodi, sehingga masyarakat dapat memiliki kekebalan terhadap virus Corona. “Jadi, jangan berpikir untuk menetralisir racun. Vaksin itu bukan racun,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, memang air kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, 100 mililiter air kelapa mengandung sejumlah senyawa, seperti natrium, fosfor, kalsium, karbohidrat, dan vitamin yang dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, setelah vaksin tidak akan menghilangkan efek dari vaksin COVID-19. Justru air kelapa dan vaksin sama-sama dapat meningkatkan .

“Yang harus dipahami oleh masyarakat, kita divaksin supaya tidak terinfeksi COVID-19, sekaligus mencegah kematian. Kalaupun misalnya sudah divaksin terkena COVID-19, efeknya sangat kecil, karena tubuh kita sudah diperkuat,” jelas Edi.

Hal senada juga disampaikan oleh juru bicara vaksinasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia. Menurutnya, setelah vaksin tidak akan berefek apa-apa, karena vaksin bukanlah racun.

“Vaksin ini disuntikkan masuk ke otot lengan, sedangkan air kelapa diminum masuk ke lambung, jadi tidak ada hubungannya,” ucap Lucia.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here