Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaWow..Sepeda Motor Terbang Pertama di Dunia Bakal Lahir

Wow..Sepeda Motor Terbang Pertama di Dunia Bakal Lahir

Bogordaily.net – Setelah mobil terbang, kini dunia barat bakal menciptakan . Salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri penerbangan tengah bersiap meluncurkan sepeda motor futuristik tersebut. Dan tak lama lagi motor tersebut bakal mengudara.

Dikutip dari Jalopnik, perusahaan (JPA) tengah mempersiapkan yang bernama Speeder. Meski masih dalam bentuk prototipe, namun perusahaan mengklaim jika motor terbangnya dapat digunakan dalam waktu dua tahun mendatang.

Perusahaan yang berbasis di , , ini, sebenarnya sudah memperkenalkan Speeder pada tahun 2019 silam. Namun saat itu masih merancang Speeder untuk bisa digunakan secara aman dan nyaman.

Selama beberapa tahun perusahaan terus mengembangkan perangkat lunak (software) agar sepeda motor dapat terbang dengan lancar. Hal ini untuk mengantisipasi sepeda motor tidak stabil saat di udara, yang khawatir justru membahayakan pengendara.

Speeder juga melakukan sejumlah uji coba dalam meningkatkan sistem kontrol sepeda motor dan pengembangan perangkat lunak. Melalui pengujian tersebut, Speeder dapat lepas landas dan naik secara vertikal, lalu melakukan sejumlah gerakan berputar dan menahan hover secara stabil.

berencana menghadirkan dua versi dari Speeder, yakni model sipil dan militer atau kargo. Untuk tipe militer JPA mengklaim jika sepeda motornya dapat menempuh kecepatan di atas 240 km/jam dan terbang secara otomatis.

Sementara versi sipilnya akan dibagi menjadi dua pilihan yakni versi ringan (The Ultralight Version) serta eksperimental (The Experimental Version).

Bedanya, sepeda motor versi ringan dibatasi kecepatannya sebesar 100 km/jam, dan pemilik tidak perlu memiliki lisensi pilot. Jika versi eksperimental, pemilik wajib memiliki lisensi pilot resmi namun tidak ada batasan kecepatan.

Meski begitu, desain akhir dari Speeder belum diputuskan. Pada konfigurasi prototipe saat ini, Speeder menggunakan empat mesin jet yang terletak di setiap sudut badan sepeda motor.

Membahas spesifikasinya, versi Speeder sipil dapat menempuh kecepatan di atas 240 km/jam dengan waktu terbang antara 10 sampai 22 menit. Sepeda motor ini juga mampu terbang di ketinggian 15 ribu kaki.

Soal harga, dari ini dibanderol sebesar US$ 380 ribu atau sekitar Rp 5,4 miliar. Namun harga tersebut hanya untuk versi Speeder sipil, untuk model militer atau kargo belum diumumkan harga resminya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here