Friday, 26 April 2024
HomeBerita17 Misionaris AS-Kanada Diculik Geng Kriminal, Segini Tebusannya

17 Misionaris AS-Kanada Diculik Geng Kriminal, Segini Tebusannya

Bogordaily.net di yang menculik sekelompok misionaris asal (AS) dan Kanada, meminta uang tebusan sebesar US$ 1 juta (Rp 14 miliar) untuk masing-masing orang. Ini berarti penculik meminta uang tebusan total US$ 17 juta (Rp 239 miliar) untuk seluruh misionaris yang diculik sejak akhir pekan lalu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu 20 Oktober 2021, Menteri Kehakiman Afghanistan, Liszt Quitel, menuturkan kepada Reuters bahwa pembicaraan tengah berlangsung dengan para penculik untuk mengupayakan pembebasan 17 misionaris AS dan Kanada yang diculik oleh bernama 400 Mawozo itu.

Quitel mengonfirmasi besaran uang tebusan yang diminta penculik. Uang tebusan itu pertama dilaporkan oleh media terkemuka AS, Wall Street Journal (WSJ).

Media terkemuka AS lainnya, CNN, sebelumnya melaporkan bahwa para penculik telah menghubungi Christian Aid Ministries, organisasi tempat korban bernaung, pada Sabtu (16/10) lalu dan segera melontarkan besaran uang tebusan yang diminta untuk pembebasan mereka.

Kelompok misionaris yang diculik itu terdiri atas 16 warga AS dan satu warga Kanada, dengan lima orang di antaranya masih anak-anak termasuk seorang bayi berusia 8 bulan.

Mereka diculik di area bernama Croix-des-Bouquets yang berjarak 13 kilometer dari ibu kota Port-au-Prince, yang didominasi geng 400 Mawozo.

Mengutip dari detikcom, secara terpisah, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menuturkan kepada wartawan bahwa pemerintah AS ‘fokus tanpa henti' pada penculikan dan terus berkomunikasi dengan Kepolisian dan organisasi misionaris itu.

“Sangat disayangkan, ini juga mengindikasikan seberapa besar persoalan dan bahwa itu merupakan situasi keamanan yang tidak berkelanjutan,” sebutnya, merujuk pada yang menguasai sebagian Port-au-Prince.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here