Friday, 17 May 2024
HomeKota Bogor900 Petugas dan Water Cannon di Kerahkan untuk Pengamanan Unjuk Rasa Tolak...

900 Petugas dan Water Cannon di Kerahkan untuk Pengamanan Unjuk Rasa Tolak Glow

Bogordaily.net – Kapolresta Bogor Kota, didampingi Dandim 0606/, Roby Bulan, S.I.P menggelar apel pengamanan aksi unjuk rasa di , di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, .

Pada apel pengamanan aksi unjuk rasa yang akan berlangsung Kamis 28 Oktober 2021, akan mengerahkan sekitar 900 personil gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) .

Dalam kondisi cuaca cerah, pimpinan apel Kapolresta Bogor Kota, mengatakan, pada Hari Sumpah Pemuda dirinya melaksanakan PAM aksi unjuk rasa dari berbagai element mahasiswa, pemuda dan masyarakat.

“Tadi sudah dibrifing kepada unsur pimpinan pengamanan lapangan agar para unsur pimpinan Pam dilapangan mampu mengendalikan anggota nya,” kata Kapolresta Bogor Kota, saat memberikan arahan di depan personil gabungan, Kamis 28 Oktober 2021.

Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, aksi unjuk rasa bukan hanya di saja. Akan tetapi di seluruh wilayah di Indonesia karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

lanjutnya, Susatyo menegaskan, ada enam tahap dalam pengamanan aksi unjuk rasa yaitu, pencegahan, perintah lisan, kendali tangan kosong lunak atau bersifat pasif, kendali tangan kosong keras atau atau bersifat aktif, penggunaan senjata tumpul atau water cenon dan penangan aksi anarkis.

“Pastikan semua personil tidak bertindak sendiri-sendiri, kendalikan anggotanya, setiap tindakan perhatikan mobilitas, baik kendaraan maupun personil. Negoisasi kata kunci, terus laksanakan negoisasi dengan para korlap aksi,” jelasnya.

“Jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa memprovokasi, sadar kamera, berikan pengamanan yang humanis,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0606/, Roby, S.I.P menambahkan, khusus TNI yang bersenjata hanya melekat di obyek VVIP. Pelaksanaan pengamanan pedomani sesuai prosedu.

“Pengamanan VVIP menjadi skala prioritas, pasukan agar fleksibel, sesuai perintah pimpinan pengedali pengamanan aksi unjuk rasa yaitu Kapolerta Bogor Kota,” ungkapnya.

Turut hadir dalam giat tersebut Dandenpom III/1 Bogor, Wakapolresta Bogor Kota, Kabagops Polresta Bogor, Pasi ops Kodim 0606/KB, Kasat Sabhara Tengah, para Kapolsek Bogor Kota, Paslilat Korem 061/Sk, para Danramil Kodim 0606/KB, Dansatlak Hartib Denpom lll/1 Bogor.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here