Friday, 26 April 2024
HomeTravellingCurug Cigamea, Asik Buat Main Air

Curug Cigamea, Asik Buat Main Air

Bogordaily.net – tak hanya sejuk, tapi juga punya banyak curug alias air terjun. Salah satunya adalah di kaki Gunung Salak yang asyik buat main air.

Apabila traveler mampir ke kaki Gunung Salak, tak ada salahnya mampir juga ke . Curug ini ada 2 lho! Makanya sering disebut juga sebagai curug kembar, Cigamea 1 dan Cigamea 2.

Dua air terjun itu terletak bersebelahan dan sangat cantik. terletak di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Perjalanan menuju berjarak kurang lebih 38 km dari pusat Kota Bogor. Buat traveler yang mau berkunjung ke menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot 03 jurusan Bubulak, kemudian disambung angkot jurusan Leuwiliang.

Turunlah di pertigaan Cibatok atau Cibungbulang, lalu naik angkot lagi ke jurusan Gunung Picung hingga perhentian terakhir. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

Sesampainya di depan pintu gerbang curug, pengunjung sudah dapat melihat . Tapi kalau mau lebih jelas, Anda perlu trekking sekitar 15 menit ke bawah.

Sesampainya di bawah, Anda akan dihadapkan pada dua buah air terjun yang terletak bersebelahan, kurang lebih 30 meter jaraknya satu sama lain. Kedua air terjun itu memang terlihat serupa dan sama-sama indah, namun beda tinggi.

“Cigamea artinya gemuruh,” ujar pengelola yang bernama Asep, seperti dikutip detik.com.

Saat musim hujan, debit air memang tinggi dan sesekali dapat membawa batu dari aliran sungai. Untuk itu, traveler harus ekstra hati-hati bila berkunjung ke curug ini saat musim hujan.

Di kawasan air terjun ini terdapat juga fasilitas flying fox yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Wahana flying fox dibuka pada hari Minggu saja, dengan tarif Rp 20 ribu sekali naik.

Objek wisata buka dari pukul 07.00-17.30 WIB setiap harinya. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here