Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaDilarang Kibarkan Merah Putih, Indonesia Raih Piala Thomas Cup

Dilarang Kibarkan Merah Putih, Indonesia Raih Piala Thomas Cup

Bogordaily.net – Setelah 19 tahun puasa gelar, berhasil menorehkan sejarah dengan membawa pulang .

Hasil itu didapat setelah , berhasil menghentikan perlawanan dengan 3-0 di di , , , Minggu 17 Oktober 2021 malam WIB.

Kemenangan pertama diraih pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dengan menghentikan perlawanan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16 di partai pertama. Sementara itu pada partai kedua ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan mudah melibas He Ji Ting/Zhou Hao Dong hanya dengan dua set, 21-12 dan 21-19.

Sedangkan pada partai ketiga, andalan Indonesia Jonatan Christie menghadapi perlawanan yang sengit dari Li Shi Feng untuk meraih kemenangan 21-14, 18-21, dan 21-14. Indonesia juara Piala Thomas 2020!

Kemenangan ini, merupakan kemenangan pertama setelah selama 19 tahun puasa gelar. Dan ini merupakan gelar ke-14 selama sejarah Tim Thomas Indonesia.

Terakhir kalinya Indonesia berhasil membawa pulang Piala Thomas pada tahun 2002 silam. Setelah berhasil mengalahkan Malaysia 3-2 di Guangzhou, China.

Seperti diketahui, Indonesia dilarang mengibarkan bendera negara selain komite dan juga memakai nama tersebut di ajang olahraga internasional, selama masa penangguhan setahun.

Sebabnya, Indonesia dihukum Badan Antidoping Dunia (WADA) karena lalai menerapkan tes doping. Indonesia pun harus naik podium pertama dengan iringan bendera PBSI.

Hal itu turut membuat posting ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo ke tim Thomas Indonesia ikut diramaikan komentar soal absennya pendera Merah Putih.

“Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara! Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya. Dari tanah air, saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, , ,” sebut Jokowi dalam ucapan selamatnya.

Indonesia, sebagai negara tersukses di ajang Piala Thomas, kini unggul empat trofi dari China yang berada di posisi kedua peraih piala terbanyak kejuaraan beregu putra tersebut.(Saleh Hermawan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here