Friday, 29 March 2024
HomeNasionalGarasi Kebakaran, 31 Unit Mobil Taksi Ludes

Garasi Kebakaran, 31 Unit Mobil Taksi Ludes

Bogordaily.net – Bangunan di Jalan Rancabali, , Kecamatan Cimahi Utara, dilalap si jago merah pada Sabtu 2 Oktober 2021, pagi.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Indrahadi mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 07.00 WIB. Kemudian menerjunkan beberapa kendaraan pemadam dan personel ke lokasi kebakaran.

“Sekitar 10 menit tiba di lokasi dari laporan yang diterima, kondisi api sudah membesar. Kami langsung melakukan bloking area dan pemadaman,” ungkap Indrahadi saat dihubungi detikcom.

Pihaknya belum bisa memastikan apa yang menyebabkan kebakaran tersebut. Namun berdasarkan keterangan pegawai ada human error yang menyebabkan timbulnya api dan menyambar kendaraan yang terparkir.

“Dugaan sementara itu ada human error. Jadi ada kesalahan dari operator atau pegawai saat mengoperasikan benda yang memicu api sampai menyebabkan kebakaran,” tutur Indrahadi.

Indrahadi menyebut kendala saat melakukan pemadaman yakni adanya bahan bakar yang membuat api terus berkobar ditambah posisi kendaraan yang berdempetan.

“Untuk taksi yang parkir ini kan ada bahan bakarnya jadi memudahkan api merembet dan terus membesar. Posisi mobil juga berdempetan dan ini jadi menyulitkan pemadaman,” tegas Indrahadi.

Dia menyebut total ada 31 unit mobil taksi yang terbakar. Sementara 23 unit lainnya berhasil diselamatkan lantaran api berhasil dipadamkan sebelum membakar seisi bangunan kendari sudah merembet ke bangunan sebelahnya.

“Hasil pendataan ada 31 mobil yang terbakar dan 23 berhasil diselamatkan. Ada yang sudah keluar sejak pagi, jadi mungkin kendaraannya lebih banyak,” kata Indrahadi.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya ada seorang pegawai yang sempat kehabisan oksigen lantaran terlalu banyak asap saat berusaha memadamkan api saat mulai membakar bangunan garasi.

“Ada seorang pegawai yang kehabisan nafas karena ada di dalam bangunan dan melakukan pemadaman awal. Kondisinya masih aman karena langsung dibawa rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis,” jelas Indrahadi.

Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 2 miliar untuk unit kendaraan yang terbakar dan Rp 500 juta untuk bangunan yang terbakar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here