Ini Resto Viral di Sentul dengan Panorama Sungai yang Adem

Menu

Mode Gelap
DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut Lakukan Penataan Kemacetan, Ade Yasin Perintahkan Jajarannya Terjun Langsung Kembalikan Jenazah Pahlawan Kemerdekaan Korea, Moon Jae-in Apresiasi Kazakhstan Satu Siswa Positif Covid-19, SMPN 1 Cibinong Hentikan PTM Imbas Ricuh Mapolda, Ketum LSM GMBI Dibekuk Polda!

Wisata ยท 16 Okt 2021 13:32 WIB

Ini Resto Viral di Sentul dengan Panorama Sungai yang Adem


 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari Perbesar

Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Bogordaily.net – Ada satu restoran di Sentul viral karena menawarkan panorama sungai yang sejuk. Restoran itu adalah Pendopo Ciherang, rumah makan ini juga menawarkan wisata alam.

Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, kini menjadi tempat favorit orang Jakarta dan sekitarnya untuk melepas penat di akhir pekan. Tak heran kalau di Sentul sekarang memiliki banyak tempat makan dan kafe yang enak buat nongkrong.

Beberapa kafe dan restoran yang ada di Sentul ini viral karena menawarkan sensasi makan sambil menikmati pemandangan indah berupa gunung dan sungai yang sejuk. Pemandangan indah inilah yang menarik perhatian karena bisa menenangkan pikiran.

Salah satu restoran di Sentul yang banyak mencuri perhatian adalah Pendopo Ciherang. Penasaran dengan Pendopo Ciherang, detikFood mengunjungi restoran yang juga menawarkan penginapan dan wisata alam tersebut 2 Oktober 2021.

Lokasi Pendopo Ciherang bukanlah berada di kota Sentul, melainkan harus naik ke pegunungan yang akses jalannya sempit dan terjal. Kami hanya mengandalkan Google Maps dan petunjuk warga lokal untuk sampai ke Pendopo Ciherang.

Kalau mengikuti Google Maps, kami diarahkan menuju ke area wisata hutan pinus yang juga banyak digunakan untuk kemping. Saat sampai di depan area wisata hutan pinus tersebut, kami diminta biaya tiket masuk mobil sebesar Rp 30.000.

Awalnya kami pikir setelah membayar tiket masuk, lokasi Pendopo Ciherang sudah dekat. Namun, perkiraan kami salah. Lokasinya masih berada jauh di atas pegunungan. Semakin masuk ke dalam, jalanannya pun semakin sempit yang hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan saja.

Perjalanan kami cukup menegangkan, karena kondisi jalanan yang tidak rata, sempit, curam, hingga kerap berpapasan dengan mobil atau kendaraan lain dari arah berlawanan. Untuk menuju ke lokasi Pendopo Ciherang juga banyak ditemui tukang parkir dadakan sebagai penunjuk arah atau yang kerap membantu saat berpapasan dengan mobil lain, sehingga kamu harus menyediakan uang ecehan yang lumayan banyak.

Perjalanan kami menempuh waktu sekitar 45-60 menit. Saat sudah tiba di lokasi, kami cukup lega karena pemandangan sungai yang ditawarkan Pendopo Ciherang dapat melepas rasa lelah kami selama perjalanan.

Untuk menikmati makanan yang ada di restoran dalam Pendopo Ciherang, kami diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk potongan Rp 10.000 per orang untuk membayar makanan di restoran.

Ada beberapa bagian restoran dan kami memilih tempat yang berada di ujung dekat dengan penginapan Pendopo Ciherang. Sehingga kami dapat menikmati pemandangan sungai dan juga berfoto-foto terlebih dahulu saat menuju ke tempat makan kami.

Spot foto favorit para pengunjung di sini adalah jembatan yang tepat berada di samping sungai. Arus sungainya tak begitu deras dan terdapat bebatuan. Para pengunjung juga dapat turun ke pinggir sungai untuk bermain air atau berfoto.

Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang ditawarkan Pendopo Ciherang. Mulai dari camilan hingga hidangan utama yang mengenyangkan.

Karena perjalanan kami yang lumayan panjang, Nasi Liwet Komplet seharga Rp 40.000-an menjadi andalan kami karena mengenyangkan. Nasi liwetnya disajikan dengan ikan teri medan goreng, tahu goreng, ayam goreng, tempe orek, telur balado, lalapan, serta sambal terasi.

Aroma wangi daun salam dan serai tercium sedap dari nasi liwet. Gurih pulennya cocok dipadukan dengan aneka lauknya yang komplet. Namun, tekstur ayam gorengnya agak sedikit keras atau liat.

Mie Goreng Sapi seharga Rp 50.000-an juga menark perhatian kami. Porsinya sangat besar, sehingga cocok untuk dimakan bersama keluarga atau teman-teman. Mie gorengnya manis gurih, isian topping daging sapi dan baksonya juga royal.

Pendopo Ciherang memiliki menu es kopi susu gula aren dengan harga Rp 20.000-an. Rasa kopinya cukup pekat ditambah susu dan gula aren yang membuat sensasi rasa manis lembut. Cocok dinikmati untuk bersantai sambil memandangi sungai yang indah dan sejuk di sana.

Es Kelapa Muda seharga Rp 30.000-an juga dapat melegakan dahaga. Bisa dicampurkan es batu dan sirup gula agar rasanya makin manis dan menyegarkan.

Kalau penasaran dengan Pendopo Ciherang, tak ada salahnya ke sini. Karena, lokasinya yang masih dekat dari Jakarta. Kami menyarankan untuk datang lebih pagi, sehingga tidak harus sering berpapasan dengan mobil lainnya. Karena, semakin siang lalu lintasnya juga semakin padat.

Kamu bisa juga memilih jalan alternatif lain. Sebaiknya mengikuti arah jalan menuju Pancar Garden. Kemudian, lurus naik ke atas dan wajib bertanya pada warga lokal agar tidak tersesat.

Pendopo Ciherang
CW5J+2V7,Karang Tengah,
Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
No. telp: 0812-1108-1813
Tiket masuk: Rp 30.000 per orang

Artikel ini telah dibaca 2.965 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kalian Harus Tau, 5 Tradisi ini Hanya Dilakukan di Pulau Dewata

29 Januari 2022 - 00:34 WIB

Pulau Dewata

Pagoda Tertinggi di Indonesia Ternyata Ada di Karo Loh!

28 Januari 2022 - 09:46 WIB

Pagoda Tertinggi

Presiden Resmikan Travel Bubble Batam Bintang Singapura, Apa itu Travel Bubble?

27 Januari 2022 - 16:38 WIB

Bubble

Manjakan Wisatawan Dengan Jernihnya Air di Curug Balong Endah

27 Januari 2022 - 09:22 WIB

Curug Balong Endah

Yuk, Telusuri Wisata 5 Curug di Kawasan Sentul

26 Januari 2022 - 05:15 WIB

curug sentul

Ingin Merasakan Sensasi Berkemah di Mongolia, Coba Datang ke Tamansari Bogor

25 Januari 2022 - 13:27 WIB

Berkemah
Trending di Wisata