Tuesday, 14 May 2024
HomeTravellingJadi Ikon Belanda, Dari Mana Asal Bunga Tulip?

Jadi Ikon Belanda, Dari Mana Asal Bunga Tulip?

Bogordaily.net – Bersama kincir angin, telah lama dikenal sebagai ikon negara . Namun belum banyak yang tahu, kalau perkebunan yang pertama sebenarnya bukan berada di , melainkan di Asia Tengah.

“Tulip pertama kali muncul sekitar 10 juta tahun yang lalu di kaki pegunungan Tien Shan, di wilayah Kazakhstan,” kata Duta Besar Kazakhstan untuk Singapura Arken Arystanov, saat pembukaan pameran Tulipmania di Gardens by the Bay, Singapura.

Pada abad ke-16, kawasan yang sekarang disebut Kazakhstan ditaklukkan oleh Kekaisaran Ottoman, yang membawa umbi tulip kembali ke Turki di mana mereka ditanam di banyak taman.

tulip kepada tamu penting, termasuk orang yang mengelola kebun kaisar Austria dan kemudian menjadi kepala kebun raya tertua di .

Tulip pertama negara itu ditanam di sana dan mempopulerkan budidaya tulip pada abad ke-17.

“Tulip sangat langka dan mahal pada waktu itu,” ujar Arystanov, seperti yang dikutip dari Strait Times.

Tulipmania merupakan pameran tahunan kerjasama antara Kazakhstan dan Singapura. Sayangnya tahun lalu pameran ini batal digelar, karena pandemi virus corona masih melanda.
Tahun ini Tulipmania digelar bulan Oktober, agak terlambat dari musim mekar di yang berlangsung pada bulan April.

Alih-alih Belanda, yang dipamerkan tahun ini berasaldari Selandia Baru, yang sekarang sedang mengalami musim semi, musim mekar segala flora.

Di tengah bunga-bunga di Gardens by the Bay ada yurt – tempat tinggal suku nomaden Kazakh di pelosok Asia Tengah – buatan tangan oleh pengrajin Kazakh menggunakan teknik tradisional tanpa menggunakan paku atau sekrup.

Pengunjung dapat melihat di Flower Dome dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Tiketnya bisa dibeli secara online di situs resmi Gardens by the Bay.

Mereka yang tidak dapat mengunjungi dapat melihat video tampilan bunga di halaman Facebook dan situs web Gardens by the Bay.***

Sumber: cnn

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here