Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKabar Gembira! Pil Penyebuh Covid-19 Sudah Ditemukan

Kabar Gembira! Pil Penyebuh Covid-19 Sudah Ditemukan

Bogordaily.net, obat Covid-19 buatan perusahaan Merc & Co's membuahkan hasil positif. Obat yang diberi nama pil molnupiravir memperlihatkan data yang atau rawat inap pasien Covid-19.

Para ahli menilai kalau kabar ini sebagai yang sangat menggembirakan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu ternyata berdampak pada melonjaknya harga saham Marc & Co's, sekaligus membuat saham-saham perusahaan pembuat vaksin bertumbangan. Saham Merck naik 12,3 persen dan mencapai angka tertinggi sejak Februari 2020.

Di saat yang sama saham perusahaan pembuat vaksin seperti Moderna, Pfizer dan BioNTech SE bertumbangan. Sejumlah pengamat mengatakan obat minum yang bisa dikonsumsi di rumah mengubah persepsi publik tentang Covid-19.

“Kami melihat saham perusahaan vaksin seperti Moderna terpukul jika pasar menilai orang akan tidak lagi khawatir dengan Covid-19 dan tidak merasa harus divaksin jika ada obat pil yang bisa menyembuhkan Covid-19,” ujar analis Michael Yee, seperti dilansir laman Reuters, Senin 4 Oktober 2021.

Saham Moderna anjlok 13 persen dalam perdagangan Jumat lalu, sementara Pfizer yang juga sedang mengembangkan , jatuh 1,3 persen dan saham BioNTech di AS turun 11 persen.

Saham perusahaan vaksin Covid-19 lainnya juga terpuruk. AstraZeneca turun 2 persen dan Novavax jatuh 16 persen.

“Kita melihat molnupiravir sebagai obat minum menjadi faktor yang mengubah keadaan, tidak hanya dalam paradigma Covid-19 tapi juga dalam hal potensi pencegahan,” kata analis Piper Sandler, Christopher Raymond.

Merck yang saham sebelumnya mencapai 9 persen, memimpin dalam proses pengembangan obat oral pertama untuk Covid-19. Pesaingnya Pfizer dan perusahaan Swiss Roche Holding AG dan Atea Pharmaceuticals Inc kini tengah menggelar tahap akhir dari obat pil mereka. Saham Atea melonjak 19 persen.(Saleh Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here