Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKenali Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada Anak Bersama RS Azra

Kenali Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada Anak Bersama RS Azra

Bogordaily.net – RS Azra Kembali melaksanakan di Instagram Live dan Youtube Live bertema Infeksi Saluran penafasan Akut () pada Anak dengan narasumber dr. Satyawati, Sp.A (Dokter Spesialis Kesehatan Anak) dan dipandu oleh Ardiana Kridayanti (Humas dan Marketing RS Azra).

Infeksi Saluran () merupakan infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah.

Virus, jamur dan bakteri merupakan penyebab dari infeksi ini. Secara garis besar, Infeksi Saluran () dibedakan menjadi common cold dimana pemicunya adalah virus rhinovirus, respiratory syncytial virus, adenovirus, dan influenza yang dipicu oleh virus influenza dengan berbagai tipe.

Infeksi Saluran (ISPA) dapat menyerang anak apabila ketahanan tubuh (immunologi) menurun.

Biasanya menyerang anak di bawah lima tahun dan kelompok yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan terhadap berbagai penyakit.

Pada musim pancaroba sering mengalami batuk pilek terutama pada anak-anak, bahkan terkadang sampai mengalami diare, demam berdarah, dan demam thypoid.

Infeksi Saluran (ISPA) dibagi menjadi dua bagian yaitu, bagian atas dan bawah.

Bagian atas meliputi rhiniti, radang pada lapisan mulkosa dalam hidung), sinusitis (radang pada rongga sinus), telinga tengah, faringitis (radang tenggorokan) dan laringitis (radang pada area sekitar pita suara).

Sedangkan bagian bawah meliputi trakea sampai dengan paru-paru. Lalu kenapa Infeksi Saluran (ISPA) mengapa disebut akut?

“Karena biasanya berlangsung selama kurang dari 14 hari, jika berlangsungnya lebih dari 14 hari disebut dengan kronis,” ucap dr. Satyawati.

Saat musim hujan seperti ini anak-anak akan sering mengalami alergi disaluran pernafasan. Daya tahan tubuh yang dimiliki anak-anak tidak seperti daya tahan tubuh orang dewasa, anak-anak akan lebih rentan menerima virus.

Terlebih jika anggota keluarga dirumah sudah terinfeksi atau menderita flu atau batuk, penularan akan melalui droplet yang ada.

Ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk anak, pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh anak tetap optimal, perhatikan asupan gizi anak, jauhi anak dari paparan asap rokok dan debu.

“Vaksin influenza juga dapat mencegah terserangnya flu pada anak. Vaksin influenza dapat diberikan setiap setahun sekali dan dapat diberikan kepada anak usia mulai dari 6 bulan,” tambah dr. Satyawati, Sp.A.

Acara ini sudah ditonton sekitar 128 viewers yang sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan pada topik ini. Terlihat ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator, banyak sekali viewers yang mengajukan pertanyaan.

dr. Satyawati, Sp.A berpraktik di RS Azra pada hari Senin s/d Sabtu 09.00 – 13.00 WIB. Jadwal Poli Vaksin dr. Satyawati, Sp.A pada hari Selasa s/d Sabtu 11.30 – 13.00 WIB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here