Monday, 29 April 2024
HomePolitikKritik Pemindahan Ibu Kota, Rizal Ramli: Siapa yang Mau Tinggal Disana?

Kritik Pemindahan Ibu Kota, Rizal Ramli: Siapa yang Mau Tinggal Disana?

Bogordaily.net – Pakar Ekonom senior Rizal Ramli menyampaikan, salah satu kunci sukses adalah lokasi yang tidak jauh dari Ibu Kota lama.

Beberapa negara lain yang telah memindahkan Ibu Kota ke tempat yang baru dan berhasil, kata Rizal, di antaranya adalah India dan Malaysia.

“Jadi kunci keberhasilan itu adalah kedekatan dengan Ibu Kota yang baru,” katanya kepada politikus Fadli Zon dikutip dari YouTube Fadli Zon Official, Senin 4 Oktober 2021.

Rizal bercerita, Brasil adalah salah satu negara yang gagal memindahkan Ibu Kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia.

Menurutnya, lokasi Ibu Kota baru Brasil yang baru terlalu jauh dari Ibu Kota lama, sehingga baik pejabat maupun swasta enggan melakukan kegiatan di sana.

“Apa yang terjadi, Brasilia City jadi kesempatan untuk pejabat liburan, jadi kota simbolik dan pejabat hanya menghabiskan uang perjalanan dinas,” kata Rizal.

Berkaca dari sana, Rizal mengingatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait risiko ke lokasi yang termasuk jauh dan akan memakan biaya besar.

“Pertanyaannya siapa yang mau tinggal di sana? Pejabat dengan gaji pas-pasan masa mau? Kecuali pejabat corrupt,” imbuhnya.

Dia memprediksi perusahaan-perusahaan real estate juga tidak akan mau mengembangkan bisnisnya di .

Menurutnya, pengembangan properti di kota-kota besar lebih menguntungkan ketimbang di lokasi baru yang masih belum berkembang. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here