Oknum Guru Lecehkan Siswi saat Pembelajaran Terancam Diberhentikan

Menu

Mode Gelap
Malang Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,3 Niat Jemput Anak, Seorang Ibu Asal Cigudeg Tewas Tertabrak Truk Terputusnya Aliran Listrik PLN, Ini 3 Wilayah yang Terdampak Akibat Hujan Deras dan Angin, Pohon di Perum Taman Griya Tumbang Klarifikasi, Rachel Vennya: Aku Tidak Lakukan Karantina Sama Sekali

Viral ยท 12 Okt 2021 18:02 WIB

Oknum Guru Lecehkan Siswi saat Pembelajaran Terancam Diberhentikan


 Seorang guru melakukan pelecehan saat mengajar. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Seorang guru melakukan pelecehan saat mengajar. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Viral foto seorang guru SMA diduga pegang bagian dada siswi di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut).

Diduga guru tersebut merupakan tenaga pengajar di sebuah SMA Negeri di Motoling, Minahasa Selatan. Dinas Pendidikan merespon adanya foto tersebut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Minahasa Selatan Minahasa Tenggara, Max Lengkong mengatakan, berita viral tersebut sudah ia ketahui, Senin 11 Oktober 2021 pagi.

Max mengatakan, telah mengeluarkan surat panggilan kepada oknum guru yang diduga melakukan pelecehan seksual.

“Surat panggilan itu untuk melakukan BAP. Jadi, Selasa 12 Oktober 2021 pukul 08.00 Wita, kami akan BAP oknum guru tersebut. Mudah-mudahan yang bersangkutan itu hadir,” katanya saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPRD Sulawesi Utara di Gedung DPRD, dikutip dari Kompas.

Dirinya juga sudah menghubungi kepala sekolah (Kepsek) SMAN 1 Motoling, dan guru yang bersangkutan tidak hadir.

“Kemudian langkah yang saya tempuh juga demi kemanan, saya sudah sampaikan kepada kepala sekolah untuk sementara dinonaktifkan (oknum guru) demi keamanan dan nama baik sekolah,” tuturnya.

Bila nanti hasil BAP terbukti melakukan pelecehan, maka sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Grace Punuh, oknum guru tersebut diberhentikan sesuai aturan yang berlaku.

Max menjelaskan, dinas pendidikan akan mencari bukti autentik terkait foto yang viral di media sosial.

“Foto memang tidak menunjukkan identitas sekolah. Tapi, melihat foto oknum gurunya, itu dari SMA Negeri Motoling. Apakah itu asli atau direkayasa kita belum bisa pastikan,” ujarnya.

Max menyebut, belum mengetahui kapan peristiwa itu terjadi.

“Apakah baru atau peristiwa lama, makanya besok kita akan BAP,” tandasnya.

Peristiwa ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Sulut. Wakil Ketua DPRD Billy Lombok mengatakan, bila memang benar kejadiannya, ini merupakan pelanggaran berat.

“Orangtua siswi dan siswa menaruh kepercayaan besar kepada dunia pendidikan, dari dulu standar pendidikan kita tinggi, orang tua berkorban apa saja untuk menyekolahkan anak. Dilakukan penelusuran, bila benar berikan sanksi tertinggi,” tegas Billy.

Ia berharap, kejadian ini tak terulang kembali, dan bagi semua pihak agar tidak ragu atau takut memberi laporan.

“Detik ini kami juga sudah meminta tim di Minahasa Selatan untuk turun dan mengecek keadaan di lapangan sambil nanti berkoordinasi pihak terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Careig Naichel Runtu menyebutkan, jika kejadian ini benar, maka oknum guru itu sangat merusak citra pendidikan di Sulawesi Utara.

“Saat ini pemerintah lagi fokus menaikkan citra dalam dunia pendidikan di Sulut, tapi malah ada oknum guru yang merusak tatanan pendidikan. Sangat-sangat tidak beradab,” tegas Careig.***

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Tulisan di Belakang Helm Ini Bikin Auto Ngakak

23 Oktober 2021 - 13:10 WIB

Belakang Helm

Pamer Senjata Api di Cafe, Video Pria Ini Jadi Viral

22 Oktober 2021 - 14:57 WIB

Niat Membantu, Eh Malah Bikin Runyam

22 Oktober 2021 - 14:33 WIB

Niat Membantu

Viral! Oknum Polisi Ajak Jalan-Jalan Pacarnya Pakai Mobil Dinas

21 Oktober 2021 - 18:04 WIB

Bawa Mikrofon, Wanita Ini Ngoceh Tentang Covid-19 Hingga Berdebat dengan Pramugari

20 Oktober 2021 - 10:48 WIB

Mikrofon

Buntut Video Viral Paksa Periksa HP Warga, Aipda Ambarita Dicopot dari Raimas Backbone

19 Oktober 2021 - 12:33 WIB

Raimas Backbone
Trending di Viral