Monday, 17 June 2024
HomeBeritaPembangunan Jembatan Gantung Terpanjang di Kabupaten Bogor Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Pembangunan Jembatan Gantung Terpanjang di Kabupaten Bogor Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Bogordaily.net – Sekretaris Daerah Burhanudin, hadiri kegiatan Safari Baksos dan cek lokasi Pembangunan di Desa Lemah Neundeut Kecamatan Megamendung , dengan jembatan terpanjang di dunia sepanjang 530 meter, Sabtu 23 Oktober 2021.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, di Desa Lemah Neundeut Kecamatan Megamendung, ini akan dibangun jembatan gantung terpanjang di dunia sepanjang 530 meter.

Hari ini jembatan terpanjang ada di Portugal sepanjang 516 meter, akan kita tambah 14 meter menjadi 530 meter sehingga jadi jembatan gantung di ini terpanjang di dunia.

Itu akan membawa semangat indonesia, semangatnya berprestasi dalam segala bidang baik bidang pendidikan, olahraga, pariwisata, dan lainnya.

“Apalagi ada keindahan alam Gunung Gede Pangrango yang secara resmi dikelola PT. Eiger Adventure Land salah satu perusahaan terkemuka di Jawa Barat, dari KLHK dan juga PTPN. Ini perusahaan yang sangat membanggakan bahkan tahun depan akan membuka cabang pertamanya di Eropa, pelan-pelan indonesia akan mendunia. Termasuk kopi Jawa Barat, kini sudah buka di Australia tepatnya Melbourne. Selanjutnya bersama PT. Eiger Adventure Land kita akan menguasai dunia melalui kopi,” paparnya

Ridwan kamil juga berharap, langkah yang dilakukan PT. Eiger Adventure Land bisa menjadi contoh bagi pelaku-pelaku investasi pariwisata.

Tolong jaga keseimbangan alam, bahwa ekonomi bisa bersandingan dengan baik. Kalau alam kita hormati maka alam pun akan menghormati eksistensi manusia.

“Mudah-mudahan ini bisa membawa kesejahteraan masyarakat sekitar, shaf pertama para warganya semuanya, masyarakat , di shaf kedua berikutnya kesejahteraan Jawa Barat. Saya juga berharap dengan peletakan batu pertama yang telah dilakukan beberapa waktu lalu bisa membawa semangat Jabar, karena Jabar salah satu keunggulan ekonominya itu ada pariwisata regional, tidak hanya mengandalkan pesawat terbang. Pembangunan jembatan gantung terpanjang ini akan selesai targetnya di pertengahan 2023,” tegas Gubernur Jabar.

Lanjut Ridwan Kamil, untuk infrastruktur akan dibicarakan sesuai dengan kewenangannya kalau kewenangan ada di kabupaten ia akan berkoordinasi dengan Kabupaten. Jika milik Provinsi Jabar tentu bisa langsung kita kerjakan.

“Tadi saya kesini jalannya masih bolong-bolong saya kira kita perbaiki seiring waktu sehingga kesini lancar,” tegasnya.

Seiring dengan Covid-19 kita beradaptasi, kalau kita bisa berolahraga dan berwisatanya di outdoor Jawa Barat punya semuanya. Jabar ini salah satu provinsi dengan air terjunnya terbanyak se-Indonesia ada sekitar 700-an curug.

Alamnya indah, kebun teh banyak, makanya sekarang pariwisata melihat tidak selalu hotel, tapi bisa tenda, mobil yang diubah jadi tempat tidur dan sebagainya,” jelasnya.

Ia juga menyatakan bahwa, di dalam ruang-ruang itu ada potensi olahraga ada downhill untuk bersepeda, tracking lari, maraton tidak hanya dapat dilakukan di lintasan stadion, tapi bisa melintasi alam, ada rafting, panjat tebing, yang merupakan ciri khas Jabar adalah senang berolahraga.

“Masyarakat Jabar Juara ini karena senang olahraga baik sekedar kesenangan maupun prestasi. Kaitan bakti sosial selama ada manusia di situ ada yang namanya kemanusiaan, sampai kapanpun tidak akan pernah selesai. Kita akan terus melakukan yang namanya bakti sosial karena setiap masyarakat kita ada yang membutuhkan,” tandasnya.

Selanjutnya, CEO PT. Eigerindo Multi Produk, Ronny Lukito menjelaskan, pembangunan jembatan terpanjang di di Desa Lemah Neundeut Kecamatan Megamendung dilakukan untuk mengenalkan dan memanfaatkan manusia kepada alam agar bisa menghormati dan memuliakan alam sehingga akan timbul kesadaran untuk mengenal, menjaga dan merawatnya dengan sungguh–sungguh.

Sebuah mimpi agar kelak anak cucu kita tetap bisa menikmati alam seperti yang kita rasakan pada hari ini.

“Secara prosesi kami sudah melakukan peletakan batu pertama pada waktu 17 oktober 2021 kemarin, dan hari ini kita berkumpul bersama untuk mengucapkan syukur serta mendoakan pembangunan Eiger Adventure Land ke depannya. Doa kami, ini dapat meningkatkan potensi ekonomi wisata di Indonesia khususnya Jawa Barat, baik itu kunjungan wisata domestik maupun mancanegara,” katanya.

Ia pun berharap kawasan itu dapat menjadi inspirasi dalam pengelolaan objek wisata yang selaras dengan pelestarian alam, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi baik secara lokal maupun nasional.

“Kami juga berharap ke depannya bisa jadi salah satu ikon nasional untuk destinasi wisata berbasis alam di Indonesia. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa serta dukungan dari pemerintah dan masyarakat, Kawasan , kami harapkan dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here