Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaPremier League Minta Kerajaan Arab Saudi Jangan Intervensi Newcastle

Premier League Minta Kerajaan Arab Saudi Jangan Intervensi Newcastle

Bogordaily.net minta tidak ada intervensi Kerajaan Arab Saudi terkait pembelian oleh perusahaan milik Pangeran Mohammed bin Salman.

Public Investment Fund (PIF), konsorsium kepunyaan Mohammed bin Salman, resmi mengambil alih kepemilikan Newcastle dari Mike Ashley, Kamis 7 Oktober 2021 malam WIB. PIF mengakuisisi 100 persen saham The Magpies seharga 300 juta paun (Rp 5,8 triliun).

Akuisisi Newcastle ini telah mendapat persetujuan dari . Meski sudah memberi lampu hijau, otoritas Liga Inggris itu meminta jaminan hitam di atas putih kepada PIF terkait pengelolaan klub.

melarang adanya kontrol atau campur tangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk pengelolaan . PIF diharapkan bekerja secara profesional, sehingga tidak ada subsidi atau pemasukan dari negara untuk klub.

, dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media. Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur , klub telah dijual ke konsorsium dengan segera,” begitu isi rilis resmi .

sekarang telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Newcastle United. Semua pihak dengan senang hati telah menyelesaikan proses ini yang memberikan kepastian dan kejelasan kepada Newcastle United dan para penggemar mereka,” pungkasnya.

Kubu PIF sebelumnya menegaskan bahwa dana untuk membeli saham Newcastle bukanlah memakai uang kas Kerajaan Arab Saudi. Kendati konsorsium dimiliki putra mahkota kerajaan, tetapi mereka tetap perusahaan profesional yang terpisah dari negara.

Pembelian Newcastle United oleh Public Investment Fund membuat The Toon menjadi klub dengan pemilik terkaya di dunia. Melansir Daily Star, konsorsium pimpinan Pangeran Mohammed bin Salman itu memiliki kekayaan senilai 320 miliar paun (Rp 6,19 kuadriliun).(dtk/sh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here